Persiapan Tertutup, PBSI Harapkan Kejutan

Luar Arena ‐ Created by BAZ

JAKARTA - Kepala Bidang Pembinaan dan Prestasi Pengurus Pusat Persatuan Bulutangkis Seluruh Indonesia (PP PBSI) Rexy Mainaky tak mau mengumbar persiapan para atletnya jelang BCA Indonesia Open Superseries Premier 2016. Dengan komposisi yang ada, dia berharap betul sektor tunggal putra bisa memberikan kejutan tahun ini.

Seperti diberitakan sebelumnya, Indonesia menargetkan tiga gelar dari gelaran BCA Indonesia Open Superseries Premier 2016. Tak dapat dipungkiri juga, dari berbagai event yang telah dilalui sepanjang musim ini, nomor ganda yang kerap kali membawa pulang gelar juaranya. Sedangkan sektor tunggal, masih belum juga membuahkan gelar. 

Berbicara teknis, Rexy menyebut akan lebih tertutup mencontoh Jepang dan negara kuat bulutangkis lainnya. Itu dilakukan untuk bisa menyimpan kekuatan pemain Indonesia di mata para lawan-lawannya. 

"Saya tidak ingin diumbar. Sementara apa yang kita lakukan apakah kami mau push mereka atau seperti apa akan diatur. Tapi, persiapan lain kami akan lebih tertutup," kata Rexy. 

Selain itu, PBSI juga tetap optimistis para pemain muda tunggal putra yang diturunkan di BCA Indonesia Open 2016 dapat unjuk gigi dan memberi kejutan. Adalah Anthony Sinisuka Ginting, Ihsan Maulana Mustofa, dan Jonatan Christie yang akan kembali mencari peruntungan dan diharapkan bisa menggetarkan publik Istora lewat gelar kemenangan. 

Kendati di sisi lain, Rexy mengakui para pemain mudanya itu masih perlu membangun mental dan kepercayaan drinya untuk tampil di turnamen level tinggi sekelas Superseries maupun Superseries Premier. Namun, dijelaskan peraih medali Olimpiade 1996 d Atlanta itu, dirinya sudah melihat perkembangan yang bagus dari sisi mental pemain di setiap turnamen. 

Berdasarkan hasil tahun lalu, Jonathan dan Anthony mampu meraih tempat di babak perempat final. Padahal, keduanya hanya ditarget lolos babak utama usai memulai laganya dari kualifikasi. 

"Khususnya Jonatan, di setiap turnamen itu dia menunjukkan satu kedewasaan dalam mengevaluasi lawan, cara mengontrol dengan lawan, emosi di lapangan sudah menunjukan lebih matang ketimbang Ihsan," sebut Rexy.

Jonathan sebelumnya mencapai babak final di Malaysia Open Superseries Premier 2016. Sayang, dia dikalahkan unggulan pertama asal Tiongkok, Chen Long di laga pamungkas. 

Untuk bisa membuat hasil maksimal, Rexy hanya berusaha menjaga kondisi para pemainnya agar tetap fit. Selain menigkatkan motivasi dan kepercayaan diri mereka untuk siap bersaing dengan pemain yang levelnya di atas mereka.