(Australia Open 2017) Singkirkan Unggulan, Hendra/Tan Pastikan Tiket Perempat Final

Hendra/Tan Melaju ke Babak Perempat Final Australia Open 2017 (foto: PB Djarum)
Hendra/Tan Melaju ke Babak Perempat Final Australia Open 2017 (foto: PB Djarum)
Internasional ‐ Created by RR

Pasangan gado-gado asal Indonesia-Malaysia, Hendra Setiawan/Tan Boon Heong membuat kejutan manis dengan menembus babak perempat final Australia Open 2017. Bermain di Sydney Olympic Sports Center, Hendra/Tan tampil perkasa dengan menyingkirkan unggulan keenam asal Taiwan, Lee Jhe-Huei/Lee Yang dengan skor 21-17, 21-11 pada Kamis (22/6).

Hendra/Tan berhasil membuka game pertama dengan baik. Mereka unggul 4-1 pada perebutan poin-poin awal. Lee/Lee sempat memberikan perlawanan dengan menyamakan skor menjadi 7-7 setelah meraih dua poin beruntun.

Hendra/Tan sempat berbalik tertinggal 9-11 saat interval game pertama. Berkat ketenangan dan pengalaman yang dimiliki keduanya, mereka berhasil menyamakan skor 12-12. Keberhasilan tersebut menjadi momentum bagi Hendra/Tan. Mereka mampu unggul 15-12 setelah meraih tiga poin beruntun. Hendra/Tan terus menjaga keunggulannya hingga mereka mampu menutup game pertama dengan skor 21-17

Berhasil unggul satu game membuat kepercayaan diri Hendra/Tan semakin meningkat pada game kedua. Sempat imbang dalam kedudukan 2-2, Hendra/Tan melesat untuk memimpin skor 6-2. Lee/Lee sempat menipiskan margin poin menjadi 7-9, tetapi dua poin beruntun yang diraih Hendra/Tan menutup interval game kedua dengan kedudukan 11-7.

Dominasi Hendra/Tan atas Lee/Lee semakin menjadi ketika kedua pasangan memainkan paruh akhir game kedua. Hendra/Tan memimpin skor 19-8 setelah meraih tujuh poin beruntun. Lee/Lee yang kini berperingkat delapan dunia itu masih bisa menambah tiga poin, namun laju Hendra/Tan sudah tak tertahankan. Mereka berhasil memastikan satu tempat di perempat final usai bertanding selama 30 menit.

Dibabak 8 besar, Hendra/Tan akan bertemu Takuto Inoue/Yuki Kaneko dari Jepang yang pada babak sebelumnya mampu menaklukkan wakil tuan rumah Cham Chen/Huaidong Tang dengan skor 21-8 dan 21-10.