(Blibli.com Kejuaraan Nasional Badminton 2016) Jaya Raya Jakarta dan Djarum Kudus Juara Grup

Kevin Sanjaya Sukamuljo/Mohammad Ahsan
Pasangan Kevin Sanjaya/Mohammad Ahsan Berhasil Memastikan Kemenangan atas Mutiara Cardinal Bandung Sekaligus Memastikan Djarum Kudus Menjadi Juara Grup A.
Nasional ‐ Created by AH

Solo - Babak penyisihan grup Blibli.com Kejuaraan Nasional Badminton 2016 telah selesai. Djarum Kudus mampu keluar sebagai juara grup di atas Mutiara Cardinal Bandung yang menjadi runner up. Sementara itu, Jaya Raya Jakarta berhasil menjadi pemuncak grup B di atas Suryanaga Mutiara Timur Surabaya yang menjadi runner up.

Dalam laga penyisihan terakhir yang berlangsung Kamis (8/12) malam di GOR Sritex, Djarum Kudus memastikan diri sebagai juara grup A setelah menang 4-1 atas Mutiara Cardinal Bandung. Sedangkan Jaya Raya menang 5-0 atas Suryanaga Mutiara Timur Surabaya.

Berbeda dengan tim Djarum, tim Jaya Raya turun dengan susunan pemain yang berbeda. Pemain lapis tunggal putri, Gabriella Meilani Moningka diturunkan, sementara pemain andalan Ruselli Hartawan diistirahatkan.

Sementara di sektor ganda putra, Jaya Raya tidak menurunkan kombinasi Hendra Setiawan/Markis Kido seperti laga sebelumnya, namun Hendra dipasangkan dengan Angga Pratama.

Kami punya strategi khusus dalam mengikuti kejurnas kali ini. Karena materi pemain kami memang tidak sekuat dua tahun lalu, Hendra/Kido misalnya. Namun kami tetap optimis kok bisa juara lagi,” kata Bambang Supriyanto, tim pelatih Jaya Raya Jakarta.

Malam ini kami sengaja menurunkan pemain lapis di beberapa nomor, karena kami mau mengistirahatkan pemain andalan kami. Memang ada plus minusnya menurunkan dan mengistirahatkan pemain andalan. Kalau pemainnya turun terus, mungkin dia lebih bisa menguasai lapangan, sedangkan yang diistirahatkan bisa lebih menyimpan tenaga,” ujar Bambang.

Pada babak semifinal, tim Jaya Raya Jakarta akan menantang tim Mutiara Cardinal Bandung yang menjadi runner-up grup A. Sedangkan jawara grup A Djarum Kudus akan berhadapan dengan runner-up grup B, Suryanaga Mutiara Timur Surabaya. Babak semifinal akan dilangsungkan hari ini, Jumat (8/12), mulai pukul 17.00 WIB.

Berikut kedudukan final klasemen grup Divisi 1:

Grup A

1. Djarum Kudus

2. Mutiara Cardinal Bandung

3. Exist Jakarta

4. Tangkas Intiland Jakarta

5. USM Jaya Semarang

Grup B

1. Jaya Raya Jakarta

2. Suryanaga Mutiara Timur Surabaya

3. SGS PLN Bandung

4. Guna Dharma Bandung

5. PMS Solo