Daya Magis Supporter Indonesia Memang Luar Biasa

Luar Arena ‐ Created by

Berbicara tentang bulutangkis Indonesia, tidak terlepas dari dukungan para supporter. Supporter bulutangkis di Indonesia memang 'tidak biasa' dan 'luar biasa'.

Siapa yang tidak tahu gemuruh teriakan dukungan penonton di Istora Senayan saat turnamen besar sekelas Djarum Indonesia Open Super Series Premiere (DIOSSP)  mampu menggetarkan bangku tribun, membuat bulu kuduk berdiri, bahkan menciutkan nyali lawan?

Animo masyarakat terhadap bulutangkis di Indonesia memang terbilang cukup besar nbila dibanding negara-negara lainnya. Tak ada kata lelah untuk menyemangati para pahlawan karpet hijau yang berjuang mengharumkan nama bangsa. Dukungan terus mengalir selama pertandingan bagaikan denyut nadi yang tak henti mengantarkan darah semangat untuk para pejuang bulutangkis. Bahkan, beberapa pemain asing yang merasakan euforia dukungan supporter Indonesia ikut berdecak kagum.

"Mereka berteriak sepanjang pertandingan, bersorak, bertepuk tangan, salah satu penonton turnamen terbaik yang pernah saya rasakan. Dan saya sangat bahagia bisa bertanding di hadapan penonton yang seperti ini," tutur pemain asal Jerman Juliane Schenk usai bertanding di DIOSSP 2013.

Tak hanya di ajang DIOSSP saja, kekompakan supporter Indonesia pun dipuji pemain asing yang ikut serta di Djarum Superliga Badminton. Salah satunya adalah Chen Chou Tien, pemain asal Taiwan yang memperkuat klub Musica Champion di Djarum Superliga Badminton 2013. Ia mengakui, dukungan penonton menjadi salah satu faktor penentu kemenangannya saat melawan Mohamad Arif Abdul Latief dari Malaysia Tigers.

"Di Indonesia dukungan penontonnya luar biasa. Saya tidak menemukan ini di Taiwan. Saya begitu bersemangat, sampai-sampai saya merasa menjadi orang Indonesia," ungkapnya di hadapan rekan-rekan media usai selebrasi.

Tahun ini, Surabaya kembali dipilih menjadi tuan rumah Djarum Superliga Badminton 2014 berkat antusiasme penonton yang luar biasa. Bangku tribun tak pernah sepi penonton dan teriakan dukungan tak pernah sepi terdengar sepanjang pertandingan yang menambah semarak atmosfer turnamen Djarum Superliga Badminton 2014. Atmosfer ini pun dirasakan para pemain asing, salah satunya adalah Marc Zwiebler, pemain asal Jerman yang membela klub Musica Champion.

"Turnamen ini sangat hebat. Saya sangat senang bisa menjadi bagian dari turnamen ini dan bangga memiliki tim yang luar biasa. Terima kasih untuk semuanya, saya banyak bersenang-senang di sini," pungkasnya sambil tersenyum.