Indonesia Masters 2021 - Sabar/Reza Lolos, Chico Terhenti

Sabar Karyaman Gutama & Mohammad Reza Pahlevi (Humas PP PBSI)
Sabar Karyaman Gutama & Mohammad Reza Pahlevi (Humas PP PBSI)
Indonesia Masters ‐ Created by EL

Nusa Dua | Ganda putra Indonesia Sabar Karyaman Gutama/Mohammad Reza Pahlevi Isfahani melangkah ke babak 16 besar Indonesia Masters 2021, setelah mengalahkan wakil Malaysia Tan Kian Meng/Tan Wee Kion. Sementara, tunggal putra Chico Aura Dwi Wardoyo menjadi wakil Indonesia ketujuh yang gagal pada babak pertama turnamen yang digelar di Nusa Dua, Bali, tersebut, usai dikalahkan Ng Ka Long Angus dari Hong Kong.

Bertempat di Bali International Convention Centre & The Westin Resort, Nusa Dua, Selasa (16/11) malam, Sabar/Reza melaju ke babak kedua ajang berhadiah total 600 ribu dolar AS itu, usai menyudahi perlawanan wakil Negeri Jiran tersebut melalui rubber game 13-21, 21-14, 21-17.

Pascalaga, keduanya bersyukur bisa mengembalikan momentum setelah pada gim pertama kalah dari Kian Meng/Wee Kion. Dengan bermain lebih sabar, pasangan peringkat 138 dunia itu akhirnya bisa keluar dari tekanan dan memenangkan pertandingan.

"Alhamdulilah kami bisa menampilkan yang terbaik. Pada gim pertama kami bermain kurang sabar, sehingga kalah," ungkap Sabar dalam siaran pers Humas PP PBSI.

Senada dengan Sabar, Reza juga mengakui bahwa permainannya di gim awal terburu-buru. Barulah pada gim kedua, Sabar/Reza bisa memperbaiki komunikasi satu sama lain sehingga akhirnya bisa meraih kemenangan. "Titik balik kami ada di gim kedua. Kami bermain lebih inisiatif menyerang. Kami tidak mau tertekan terlebih dahulu dan hanya bertahan supaya tidak kebobolan," ungkap Reza.

Sabar/Reza, finalis Spain Masters 2021, lolos ke babak kedua dan akan menantang wakil Malaysia lainnya, Ong Yew Sin/Teo Ee Yi, yang membuat kejutan dengan menaklukkan unggulan keenam turnamen asal India, Satwiksairaj Rankireddy/Chirag Shetty, dengan skor 21-17, 21-15

Menghadapi pertandingan lawan Ong/Teo, Sabar/Reza menyebut siap mengambil inisiatif lebih dulu agar lebih berpeluang menang. "Tidak ada persiapan khusus untuk menghadapi laga 16 besar. Cuma, mungkin kami mau lebih sabar dan harus inisiatif lebih menyerang," tutur Sabar.

Sementara, Chico kalah dengan skor 16-21, 19-21 dalam waktu 44 menit.

Selepas pertandingan, pemain berperingkat 62 dunia itu mengaku jika penampilannya tidak konsisten. Beberapa kali terlihat, Chico yang sudah unggul justru banyak membuang peluang. "Main saya hari ini kurang konsisten. Pada gim kedua saya sejatinya bisa unggul tapi karena kurang menguasai pertandingan, jadi banyak membuang peluang," ujarnya.

Dengan kemenangan tersebut, mengantarkan Ng Ka Long lolos ke babak 16 besar. Pemain asal Hong Kong itu akan menantang Koki Watanabe asal Jepang yang menang atas Kantaphon Wangcharoen dari Thailand 21-12, 21-14.