Indonesia Open 2021 - Salah Strategi Sebabkan Kekalahan Fajar/Rian

Fajar Alfian & Muhammad Rian Ardianto (Badminton Photo/Erika Sawauchi)
Fajar Alfian & Muhammad Rian Ardianto (Badminton Photo/Erika Sawauchi)
Indonesia Open ‐ Created by EL

Nusa Dua | Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto harus mengubur impian tampil di semifinal Indonesia Open 2021. Ganda putra tuan rumah menyatakan, lantaran salah strategi keduanya kalah dari Akira Koga/Taichi Saito asal Jepang dengan skor 10-21, 21-13, 14-21 dalam 70 menit, Jum`at (26/11) malam, di Nusa Dua, Bali.

Unggulan keempat turnamen ini gagal mengikuti jejak Marcus Fernaldi Gideon/Kevin Sanjaya Sukamuljo, yang telah lolos ke babak empat besar.

Setelah bertanding, Fajar/Rian mengaku tampil terburu-buru pada pertandingan kali ini. Keduanya terlihat kaget saat berhadapan dengan lawan yang memiliki pertahanan solid. "Alhamdulilah, pertandingan berjalan lancar tanpa ada yang cedera," ujar Rian, dalam siaran pers Humas PP PBSI.

"Pada pertandingan ini, mindset kami terlalu tampil menyerang. Jadi saat bertemu dengan pasangan yang memiliki pertahanan solid, kami terburu-buru ingin mengakhiri pertandingan," Rian, menambahkan

"Pada pertandingan ini, kami kurang mengantisipasi pola permainan bertahan mereka, sehingga kami terburu-buru dalam menyerang. Hal itu merugikan kami karena menguras banyak tenaga," Fajar, menimpali komentar pasangannya.

Sejatinya, pasangan berperingkat delapan dunia itu bisa menemukan bentuk permainan terbaiknya pada gim kedua. Hanya karena pada gim terakhir stamina Fajar/Rian terlihat mengendur, keduanya pun harus menerima hasil laga dengan kekalahan.

"Pada gim kedua kami mencoba lebih tenang dan perlahan bisa. Namun, kami yang sudah kalah stamina akhirnya kalah di gim ini setelah pada gim ketiga, kami mengawali pertandingan dengan kurang baik," demikian Fajar.