49 Hari Jelang Olimpiade, Bagaimana Peta Kekuatan Tim Tiongkok?

Ekspresi ganda campuran nomor dua dunia, Zheng Si Wei/Huang Ya Qiong (Tiongkok).
Ekspresi ganda campuran nomor dua dunia, Zheng Si Wei/Huang Ya Qiong (Tiongkok).
Internasional ‐ Created by Bimo Tegar

Jakarta | Perhelatan akbar Olimpiade Tokyo 2020 tinggal 49 hari lagi, tepatnya pada 23 Juli 2021 mendatang. Para pemain di seluruh dunia, termasuk Indonesia semakin gencar memantapkan persiapan jelang Olimpiade. Apalagi, sudah tidak ada pertandingan ‘pemanasan’ sebelum ke Tokyo menyusul dibatalkannya Singapore Open 2021 BWF World Tour Super 500 yang merupakan turnamen kualifikasi terakhir menuju Olimpiade.

“Proses kualifikasi Olimpiade ditutup karena tidak ada peluang tambahan bagi pemain untuk mendapatkan poin,” ujar Sekretaris Jenderal Federasi Bulutangkis Dunia (BWF), Thomas Lund sebagaimana dilansir Viva.co.id.

Akibat wabah virus korona, sejauh ini hanya tim bulutangkis Tiongkok yang belum sekalipun ambil bagian pada kompetisi internasional sejak kejuaraan All England 2020 BWF World Tour Super 1000 lalu. Artinya, pasukan Tirai Bambu sudah absen dari kompetisi internasional selama 15 bulan. Dengan demikian, tim bulutangkis Tiongkok akan tampil di Olimpiade Tokyo 2020 tanpa pernah sekalipun berlaga di turnamen internasional.

Lalu, bagaimana peta kekuatan tim Tiongkok untuk Olimpiade Tokyo 2020 nanti? Tentu dengan ketidakikutsertaan mereka dalam sejumlah turnamen internasional selama 15 bulan terakhir, akan sangat sulit mengetahui kekuatan tim Tiongkok. Yang jelas, ada dua kemungkinan yang bisa saja terjadi pada Zheng Si Wei/Huang Ya Qiong dkk. Yakni, kesulitan untuk beradaptasi atau justru akan tampil dengan performa terbaik di Olimpiade Tokyo 2020, Juli mendatang.

Berdasarkan hasil kualifikasi Race to Tokyo, tim bulutangkis Tiongkok berhasil meloloskan sembilan wakilnya ke Olimpiade. Mereka adalah Chen Long (tunggal putra), Shi Yu Qi (tunggal putra), Chen Yu Fei (tunggal putri), He Bing Jiao (tunggal putri), Li Jun Hui/Liu Yu Chen (ganda putra), Chen Qing Chen/Jia Yi Fan (ganda putri), Du Yue/Li Yin Hui (ganda putri), Zheng Si Wei/Huang Ya Qiong (ganda campura) dan Wang Yi Lyu/Huang Dong Ping (ganda campura).