All England 2023 - PBSI Targetkan Dua Gelar Juara

Chico Aura Dwi Wardoyo & Jonatan Christie (Djarum Badminton)
Chico Aura Dwi Wardoyo & Jonatan Christie (Djarum Badminton)
Internasional ‐ Created by EL

Jakarta | Pengurus Pusat Persatuan Bulu Tangkis Seluruh Indonesia (PP PBSI) menargetkan dua gelar juara dari ajang BWF World Tour Super 1000 All England 2023 yang akan berlangsung pada 14-19 Maret di Birmingham, Inggris. Kepala Bidang Pembinaan dan Prestasi PP PBSI Rionny Mainaky menguraikan, kedua gelar itu akan dibebankan kepada masing-masing nomor tunggal putra dan ganda putra.

"Semuanya pasti mau juara, ya. Tapi saya harapkan dapat dua (medali) emas dari ganda dan tunggal putra," kata Rionny kepada Antara, Jumat (3/3).

Lebih lanjut Rionny menjelaskan, kedua nomor tersebut memikul beban untuk meraih gelar juara, lantaran memiliki jumlah pemain terbanyak di antara nomor lainnya.

Berdasarkan hasil undian All England 2023 yang dilansir laman resmi Federasi Bulu Tangkis Dunia, tim Indonesia menurunkan empat tunggal putra dan enam ganda putra dalam turnamen bulu tangkis tertua di dunia tersebut. Keempat pebulu tangkis tunggal putra yang dimainkan adalah Jonatan Christie, Anthony Sinisuka Ginting, Chico Aura Dwi Wardoyo, dan Shesar Hiren Rhustavito.

Lalu dari nomor ganda putra, Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto, Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan, Kevin Sanjaya Sukamuljo/Marcus Fernaldi Gideon, Leo Rolly Carnando/Daniel Marthin, Pramudya Kusumawardana/Yeremia Erich Yoche Yacob Rambitan, serta Bagas Maulana/Muhammad Shohibul Fikri yang berstatus selaku juara bertahan.

Rionny juga melihat para pemainnya berlatih secara serius dan punya tekad kuat untuk memberikan hasil terbaik di Birmingham. Semisal, Jonatan, yang belakangan punya kontrol fokus baik di lapangan.

Namun, Jonatan juga harus bersaing dengan ketiga rekannya dalam All England, karena Rionny paham betul, semua wakil Indonesia tak ingin kalah dari rekan senegara. "Saya lihat kemarin Jojo fokusnya bagus sekali, tapi tidak cuma Jojo. Semakin banyak yang bersaing semakin bagus," tuturnya.

"Kalau seperti itu keyakinan kita untuk dapat hasil bagus bisa tercapai," demikian Rionny.