(Asian Games 2018) Tantangan Berat Bagi Tim Beregu Putra Indonesia

Anthony Sinisuka Ginting (Indonesia)
Anthony Sinisuka Ginting (Indonesia)
Internasional ‐ Created by KEM

Tim beregu bulutangkis Indonesia mesti ekstra kerja keras sejak laga pertama pertandingan beregu Asian Games 2018. Berdasarkan hasil undian yang dilakukan malam tadi di Istora, tim putri Indonesia ada di pool atas, bersama Hong Kong, Jepang, India dan Korea. Sedangkan di pool bawah diisi Tiongkok, Taiwan, Thailand, Maladewa, Pakistan dan Nepal.

Lawan pertama Greysia Polii cs adalah tim putri Hong Kong. Jika menang, maka putri-putri Indonesia di perempat final akan berhadapan dengan tim Korea yang mendapat bye di babak pertama. Seandainya berhasil melewati Korea, tim Indonesia akan berhadapan dengan pemenang antara Jepang vs India.

Untuk Tim putra Indonesia yang ada di pool bawah merupakan pool 'neraka'. Pool bawah diisi negara-negara tangguh yang mesti 'saling bunuh' dari babak awal. Indonesia mendapat bye di babak pertama dan kemungkinan besar akan berjumpa India yang lebih dulu harus menghadapi Maladewa.

Jepang dan Malaysia sudah harus saling berhadapan di laga pertama. Begitu juga Thailand yang akan bertarung melawan tim kuat Korea di babak pertama.

Tim Tiongkok yang merupakan unggulan pertama, mendapat undian yang lebih menguntungkan. Tiongkok berada di pool atas bersama Hong Kong, Taiwan, Mongolia, Nepal dan Pakistan.

"Hasil drawing? Sistem drawing berjalan adil. Sistem yang dipakai adil karena ditentukan melalui seeding. Di tim putra, kita seeding kedua, kalau tim putri tidak dapat seeding," kata Achmad Budiharto, Sekretaris Jenderal PP PBSI.

"Hasil tim putra, ini perjuangan berat untuk semuanya. Karena tim-tim bagus terkumpul di pool bawah. Untuk babak pertama kalau digambarkan, Jepang bertemu Malaysia, Korea berhadapan dengan Thailand. Empat tim tersebut terkumpul dan hanya satu yang ke semifinal," lanjutnya.

"Kita sedikit beruntung. Kita menunggu pemenang antara Maladewa dan India. Memang perjuangan berat nantinya di semifinal. Siapa pun yang melewati India. Tim yang dihadapi relatif kuat," ujar Budiharto.

Lebih lanjut Budiharto menuturkan bahwa ia optimis dengan kekuatan tim beregu putra, apalagi dengan menjadi jawara di Asia Team Championships 2018 di Alor Setar, Malaysia.

"Kalau tim putri, kita tahu karena tidak seeded, hasil keluar itu realitas yang harus dihadapi. Kita berada di pool atas. Pertama, kita sudah harus berjuang menghadapi Hong Kong. Kalau lolos pun bertemu Korea. Jadi ini yang harus dihadapi. Kita tidak bisa mengeluhkan atau mempertanyakan hasil drawing. Itu adalah fakta yang harus dipersiapkan. Yang penting tim berjuang keras sejak awal," ungkap Budiharto.

Pertandingan beregu bulutangkis di Asian Games akan dilangsungkan pada 19 - 22 Agustus 2018. Indonesia menurunkan dua puluh pemain di kategori beregu.

Berikut daftar tim beregu bulutangkis Indonesia di Asian Games 2018:

Beregu Putra:

  1. Jonatan Christie
  2. Anthony Sinisuka Ginting
  3. Ihsan Maulana Mustofa
  4. Kevin Sanjaya Sukamuljo
  5. Marcus Fernaldi Gideon
  6. Fajar Alfian
  7. Muhammad Rian Ardianto
  8. Mohammad Ahsan
  9. Tontowi Ahmad
  10. Ricky Karanda Suwardi

Beregu Putri:

  1. Fitriani
  2. Gregoria Mariska Tunjung
  3. Ruselli Hartawan
  4. Greysia Polii
  5. Apriyani Rahayu
  6. Della Destiara Haris
  7. Rizki Amelia Pradipta
  8. Ni Ketut Mahadewi Istarani
  9. Liliyana Natsir
  10. Debby Susanto

Sumber: PBSI