Aturan Jam Malam dan Prokes Ketat Berlaku Sepanjang Turnamen

Suasana di Palais des Sports, Prancis. (Copyright: Badmintonphoto | Courtesy of BWF)
Suasana di Palais des Sports, Prancis. (Copyright: Badmintonphoto | Courtesy of BWF)
Internasional ‐ Created by Bimo Tegar

Jakarta | Kejuaraan Orleans Masters 2021 BWF Tour Super 100 telah dimulai. Turnamen yang berlangsung di Palais des Sports, Prancis itu disebut-sebut menerapkan protokol kesehatan (prokes) yang ketat. Bahkan sepanjang turnamen yang dijadwalkan berlangsung hingga 28 Maret mendatang itu juga mengeluarkan aturan jam malam bagi seluruh peserta yang ambil bagian. Aturan tersebut juga berlaku bagi tim bulutangkis Indonesia yang menurunkan sepuluh wakilnya.

Bukan cuma untuk atlet, aturan protokol kesehatan yang ketat serta aturan jam malam ini juga berlaku bagi ofisial dan tim pendukung yang terlibat.

“Di sini diterapkan lock down pada jam 6 sore hingga jam 6 pagi. Kemudian pada jam 6 pagi sampai jam 6 sore, boleh keluar tapi dengan mengikuti standar protokol kesehatan dan social distancing,” jelas Pelatih Tunggal Putra Indonesia yang merangkap sebagai Manajer Tim Indonesia di Orleans Masters 2021 BWF Tour Super 100, Harry Hartono sebagaimana dilansir Bolalob.com.

Dalam aturannya, seluruh atlet dan ofisial tim dilarang meninggalkan penginapan kecuali untuk kepentingan pertandingan dan latihan. Setiap kegiatan atlet pun diwajibkan menggunakan fasilitas transportasi yang sudah disediakan panitia pelaksana.

Sementara aturan di dalam arena pertandingan, tim yang tidak bertanding tetap diperbolehkan memasuki stadium, tapi wajib menggunakan masker dan menjaga jarak, minimal dua kursi dari yang lainnya.

Di hari pertama, Selasa (23/3), Orleans Masters 2021 BWF Tour Super 100 mempertandingkan babak kualifikasi tunggal putra dan putri. Lalu dilanjutkan dengan babak pertama tunggal putra. Pebulutangkis tunggal putri Indonesia, Putri Kusuma Wardani yang harus berangkat dari babak kualifikasi berhasil melewati rintangan tersebut dan lolos ke babak utama.