BAM Degradasi Lima Pemain Senior

Tunggal putri Malaysia, Soniia Cheah menyambut pengembalian.
Tunggal putri Malaysia, Soniia Cheah menyambut pengembalian.
Internasional ‐ Created by Bimo Tegar

Jakarta | Asosiasi Bulutangkis Malaysia (BAM) telah mendegradasi lima pebulutangkis seniornya dari Pelatnas. Lima pemain tersebut adalah Soniia Cheah (tunggal putri), Goh Soon Huat, Shevon Lai Jemie, Lai Pei Jing (ganda campuran) dan Vivian Hoo (ganda putri). Keputusan tersebut diambil BAM setelah berkaca dari pencapaian kurang maksimal yang mereka raih sepanjang seri Asia 2020 di Bangkok, Thailand, awal Januari lalu.

“Peninjauan kinerja menyeluruh dari para pemain nasional, kami telah dilakukan. Keseluruhan BAM mengucapkan terima kasih yang tulus kepada para pemain ini atas komitmen, dedikasi dan kontribusi mereka yang luar biasa kepada negara selama bertahun-tahun,” sebut pernyataan resmi BAM dilansir Indosport.com dari The Star.

Pada dua edisi Thailand Open 2020, bulan lalu, Soniia memang dianggap gagal meraih hasil maksimal. Pada kejuaraan Yonex Thailand Open 2020 BWF World Tour Super 1000, dia hanya mampu mencapai babak 16 besar. Lalu di kejuaraan Toyota Thailand Open 2020 BWF World Tour Super 1000, Soniia juga tumbang di babak yang sama hingga akhirnya gagal membuat dirinya lolos ke BWF World Tour Finals 2020.

Sedangkan Lai Pei Jing yang berpasangan dengan Tan Kian Meng memang tampil buruk sepanjang Seri Asia 2020, kemarin. Pada edisi pertama Thailand Open, mereka kalah di babak kedua. Lalu di edisi kedua, mereka langsung tumbang di babak pertama.

Sementara itu, penampilan ganda campuran Goh Soon Huat/Lai Shevon Jemie sebetulnya tidak buruk-buruk amat saat berlaga di seri Asia 2020. Mereka berhasil melesat hingga babak semifinal BWF World Tour Finals 2020. Hanya, mereka harus kandas di babak 16 besar Yonex dan Toyota Toyota Thailand Open 2020 BWF World Tour Super 1000.

Dua kekalahan tersebut terjadi saat Goh/Lai bertemu dengan jagoan tuan rumah, Dechapol Puavaranukroh/Sapsiree Taerattanachai.