BATC 2022 - Stephanie Widjaja Sang Penentu

Stephanie Widjaja (Humas PP PBSI)
Stephanie Widjaja (Humas PP PBSI)
Internasional ‐ Created by EL

Jakarta | PP PBSI menyebutkan, tim putri bulu tangkis Indonesia yang semula dianggap "sebelah mata", justru berhasil keluar sebagai juara Grup Z Kejuaraan Bulu Tangkis Asia Beregu (BATC) 2022. Kepastian sebagai juara grup ditentukan pada partai kelima. Stephanie Widjaja mampu mengakhiri perlawanan tunggal Korea Selatan, Kim Joo Eun, lewat dua gim langsung 21-11 21-13.

Dengan kemenangan yang diraih Stephanie, regu putri Indonesia sukses mengungguli tim "Negeri Ginseng" tersebut dengan skor 3-2, sekaligus memastikan "Merah Putih" keluar sebagai juara grup.

"Saya tegang juga sih, tetapi berusaha tenang biar mainnya lebih bagus. Kunci kemenangannya, saya yakin kalau saya lebih bagus," kata Stephanie, dalam siaran pers Humas PP PBSI, Kamis (17/2).

"Saya senang karena bisa menang dan menjadi penentu," tambahnya.

Selain atlet berusia 19 tahun tersebut, tunggal putri pertama sekaligus kapten tim putri Indonesia, Gregoria Mariska Tunjung, juga memetik kemenangan. Dalam pertandingan di Setia City Convention Centre, Selangor, Malaysia tersebut, Gregoria membawa Indonesia memimpin 1-0 setelah menang atas Sim Yu Jin 21-6 21-18.

"Puji Tuhan saya bisa main baik dan menyumbangkan poin," tanggap pemain yang akrab disapa Jorji ini

Namun, tunggal kedua Putri Kusuma Wardani yang turun pada partai ketiga, kalah dari Lee Se Yeon 16-21, 19-21. "Saya tegang, dampaknya tangan ini terasa tegang dan tidak bisa memukul dengan baik," tuturnya.

"Saya memang harus berlatih kebih keras dan diakui lawan memang lebih baik," Putri, menambahkan.

Berikut pertandingan tim putri Indonesia melawan Korea Selatan (3-2):

  • Gregoria Mariska Tunjung vs. Sim Yu Jin, 21-6, 21-18
  • Febriana Dwipuji Kusuma/Amalia Cahaya Pratiwi vs. Baek Ha Na/Seong Seung Yeon 20-22, 19-21
  • Putri Kusuma Wardani vs. Lee Se Yeon, 16-21, 19-21
  • Nita Violina Marwah/Lanny Tria Mayasari vs. Kim Min Ji/Lee Seo Jin, 21-16, 22-20
  • Stephanie Widjaja vs. Kim Joo Eun, 21-11, 21-13