Denmark Open 2021 - Nyeri Pinggang Alasan Ginting Mundur

Anthony Ginting (Badminton Photo/Yohan Nonotte)
Anthony Ginting (Badminton Photo/Yohan Nonotte)
Internasional ‐ Created by Junius

Jakarta | Anthony Sinisuka Ginting sedini-dininya meminta mundur dari pertandingan dan menyudahi perjuangannya di Denmark Open 2021. Tunggal putra Indonesia itu mengalami nyeri pada pinggangnya dalam posisi tertinggal 1-4, saat melawan Thomas Rouxel asal Prancis, di Odense Sports Park, Denmark, Rabu (20/10). Pemain unggulan kelima itu sudah merasakan sakit di pinggang sejak partai final Piala Thomas 2020. Kala itu, Anthony berhadapan dengan tunggal putra China Lu Guang Zu.

"Sebenarnya sudah terasa agak sakit di pinggang waktu pertandingan final Piala Thomas. Dan kemarin ada jeda istirahat dua hari, sempat coba buat recovery tapi mungkin nggak cukup cuma dengan dua hari," tuturnya, seperti yang dilaporkan tim Humas dan Media PP PBSI.

"Jadi saya memutuskan buat menarik diri dari pertandingan Denmark Open," kata Anthony, menambahkan.

Sementara, Kepala Sub Bidang Pengembangan Sport Science dan Pelatih Fisik PP PBSI Iwan Hermawan menjelaskan, setelah menjalani pemeriksaan dan fisioterapi, otot Anthony mengalami overused atau digunakan secara berlebihan, usai melakoni Piala Sudirman 2021 dan Piala Thomas 2020.

"Ginting sakit bagian pinggang kalau ada gerakan rotasi. Sudah dicek dokter dan fisioterapi, ototnya overused setelah dua turnamen kemarin," kata Iwan.

Mundurnya Anthony membuat pertemuan sesama wakil Indonesia gagal terwujud di babak 16 besar Denmark Open 2021. Sebelumnya, Tommy Sugiarto sudah menanti di babak 16 besar tunggal putra.

Kini, tunggal putra Indonesia hanya menyisahkan dua wakil saja. Selain Tommy, juga ada Jonatan Christie sebagai satu-satunya penghuni Cipayung di sektor tunggal putra.