Denmark Open 2021 - Tommy Susul Jojo ke Delapan Besar

Tommy Sugiarto (Badminton Photo/Mikael Ropars)
Tommy Sugiarto (Badminton Photo/Mikael Ropars)
Internasional ‐ Created by EL

Jakarta | Dua tunggal putra Indonesia, Jonatan Christie dan Tommy Sugiarto, tembus ke babak delapan besar Denmark Open 2021, di Odense Sport Park, Odense, Kamis (21/10). Tommy menghentikan perlawanan pemain Prancis Thomas Rouxel melalui drama tiga gim 21-18, 16-21, 21-19 selama 59 menit, sementara Jojo membutuhkan waktu sekitar 32 menit untuk mengalahkan Kanta Tsuneyama asal Jepang, 21-11, 21-9.

Pada gim pembuka antara Tommy dan Rouxel diawali dengan saling kejer mengejar skor sebelum interval pertama. Namun, Rouxel berbalik memimpin saat skor 3-4 dan terus menjaga keunggulannya hingga 10 poin selanjutnya.

Keunggulan berbalik ke Tommy saat ia sukses menyamakan kedudukan 14-14, yang disusul dengan satu poin tambahan untuk memimpin perolehan poin.

Sempat terjadi persaingan ketat sebelum pemain berperingkat 32 dunia ini mengunci kemenangan gim pertama dengan tiga poin beruntun jelang gim poin.

Namun, kesempatan Tommy untuk mendulang kemenangan dua gim langsung pupus karena Rouxel menguasai kendali permainan di gim selanjutnya. Kali ini giliran Tommy yang tak bisa mengejar ketertinggalan dari pebulu tangkis peringkat 42 itu dan terpaksa melanjutkan pertandingan ke gim penentu.

Dalam gim ketiga, seperti dilaporkan Antara, baik Tommy dan Rouxel bersaing ketat agar bisa lolos ke perempat final turnamen Super 1000 ini. Meski sempat tertinggal di interval pertama, beruntung Tommy mampu membalikkan keadaan dan menjaga keunggulannya di interval kedua hingga gim usai.

Dengan hasil ini, Tommy mengemas kemenangan pertama dari pertemuan perdananya dengan Rousel, dan memastikan Indonesia mengamankan dua wakilnya di babak delapan besar Denmark Open 2021.