Denmark Open 2022 - Gelar Juara BWF Super 750 Pertama, Fajar/Rian Ukir Sejarah

Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto (Humas PP PBSI)
Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto (Humas PP PBSI)
Internasional ‐ Created by EL

Jakarta | Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto mengukir sejarah dalam karier bulu tangkis mereka dengan menjuarai turnamen kategori BWF Super 750 untuk pertama kalinya di Denmark Open 2022, Minggu (23/10). Pasangan peringkat keenam dunia itu menaiki podium utama setelah melalui laga "all-Indonesia Final" dengan mengalahkan Kevin Sanjaya Sukamuljo/Marcus Fernaldi Gideon dua gim langsung 21-19, 28-26 di Jyske Bank Arena, Odense, Denmark.

Antara melaporkan, Ritme cepat mewarnai permainan kedua pasangan sejak awal pertandingan. Baik "Minions" maupun Fajar/Rian bermain ngotot untuk mengamankan keunggulan.

Pertandingan berjalan sengit melalui aksi kedua pasangan yang saling beradu teknik permainan seperti smes, dropshot hingga drive-drive berani yang dimainkan dari depan net. Setelah aksi kejar-mengejar skor di interval awal, "Minions" mengambil alih keunggulan dengan merebut empat angka beruntun dari 11-13 menjadi 11-17.

Namun, Fajar/Rian tak mau kalah dan terus memberikan tekanan untuk menguras tenaga Kevin/Marcus yang sibuk melakukan pengembalian.

Akhirnya usaha mereka berhasil dengan mencuri tujuh angka berturut-turut dan unggul 18-17. Fajar/Rian terus menjaga kepemimpinan hingga gim pembuka usai.

Drama match point terjadi pada gim kedua dan menampilkan ketegangan saat Fajar/Rian dan Kevin/Marcus saling membayangi satu sama lain dalam perolehan angka akhir.

Padahal, Kevin/Marcus secara dominan memimpin pada pertengahan gim dengan selisih angka yang terpaut cukup jauh dari unggulan kelima itu.

Skor 6-12 yang dipegang Kevin/Marcus terus berkembang meninggalkan Fajar/Rian dengan 9-14, 12-17, dan akhirnya mencapai match point lebih dulu 17-20.

Akan tetapi, Fajar/Rian tak mau ketinggalan dan menyalip perolehan skor menjadi 21-20. Drama pun terjadi dengan kepemimpinan yang saling bergantian.

Berulang kali kedua pasangan diliputi ketegangan hingga melakukan kesalahan sendiri seperti service fault, kok yang mengenai net, hingga pukulan yang keluar lapangan.

Akhirnya Fajar/Rian mencoba lebih sabar dan mengurangi keteledoran mereka, hingga mampu membungkus dua poin penentu kemenangan dengan skor akhir 28-26.