(Denmark Open) Tommy: Senang Bisa ke Semifinal

Selebrasi Tommy Sugiarto (Indonesia).
Selebrasi Tommy Sugiarto (Indonesia). (Foto: PBSI)
Internasional ‐ Created by Bimo Tegar

Jakarta | Pebulutangkis tunggal putra Indonesia, Tommy Sugiarto berhasil memastikan langkahnya ke babak semifinal Denmark Open 2019 BWF World Tour Super 750 lewat kemenangan dua game langsung atas wakil Thailand, Thammasin Sitthikom. Bertanding di Odense Sports Park, Jumat (18/10), Tommy menang dengan skor 21-17 dan 21-19 dalam waktu 46 menit.

“Rasanya tentu senang bisa melaju ke semifinal Denmark Open kali ini. Bisa melewati babak demi babak hingga ke empat besar,” kata Tommy Sugiarto usai bertanding.

“Dia pemain yang sabar dan nggak gampang asal menyerang. Bisa dibilang stabil dari awal sampai akhir. Itu yang harus saya waspadai. Apalagi karena sendiri, saya juga harus sambil mempelajari dan melihat perubahan-perubahan dia di lapangan. Ini jadi tantangan tersendiri buat saya,” jelasnya mengenai penampilan lawannya.

Hasil manis ini sekaligus memperpanjang catatan kemenangan Tommy atas Thammasin menjadi 2-1. Terakhir kali bertemu, saat saling bentrok di ajang Vietnam Open 2015 lalu, Tommy juga berhasil memetik kemenangan dua game langsung dengan skor 21-9, 21-10.

Berhasil melangkahkan kakinya ke babak semifinal Denmark Open 2019 BWF World Tour Super 750, Tommy kemudian masih harus menunggu pemenang antara tunggal putra peringkat satu dunia asal Jepang, Kento Momota dan wakil tuan rumah, Rasmus Gemke yang baru akan bertanding di partai ketujuh nanti.

Berhadapan dengan lawan yang semakin berat, tunggal putra Indonesia peringkat 19 dunia ini berharap bisa tetap fokus dan tampil maksimal. “Besok ketemu antara Momota atau Gemke, tentu tidak mudah. Saat ini saya mau fokus recovery dulu. Setelah itu baru mempelajari lagi permainan mereka. Saya ingin lebih maksimal dan all out di lapangan,” tuturnya.

Dengan hasil ini, maka untuk sementara Indonesia berhasil meloloskan tiga wakil ke babak empat besar Denmark Open 2019 BWF World Tour Super 750. Selain Tommy, dua ganda putra Indonesia, Kevin Sanjaya Sukamuljo/Marcus Fernaldi Gideon dan Hendra Setiawan/Mohammad Ahsan juga sudah lebih dulu lolos ke semifinal.