Dua Tunggal Putri Jepang Belum Terkalahkan

Akane Yamaguchi (Jepang) bersiap menyambar pengembalian tanggung. (Foto: BADMINTONPHOTO - Yves Lacroix)
Akane Yamaguchi (Jepang) bersiap menyambar pengembalian tanggung. (Foto: BADMINTONPHOTO - Yves Lacroix)
Internasional ‐ Created by Bimo Tegar

Jakarta | Sektor tunggal putri Jepang berhasil meloloskan dua wakilnya ke babak 16 besar Olimpiade Tokyo 2020. Akane Yamaguchi keluar sebagai juara di Grup L setelah menyapu bersih dua kemenangan, sementara Nozomi Okuhara tak terkalahkan di Grup E. Sejauh ini, kedua wakil tuan rumah tersebut mampu tampil solid di setiap pertandingannya dan selalu memetik kemenangan dalam permainan dua game langsung.

Bertanding di Mushashino Forest Sport Plaza, Tokyo, Rabu (28/7), Yamaguchi lebih dulu memastikan tiket ke babak 16 besar Olimpiade Tokyo 2020 lewat kemenangan 21-9 dan 21-18 atas tunggal putri Inggris Raya, Kirsty Gilmour. Pada pertandingan sebelumnya, saat melawan wakil Pakistan, Mahoor Shahzad, Sabtu (24/7), Yamaguchi mampu meraih kemenangan telak dengan skor 21-3 dan 21-8.

“Saya mencoba untuk lebih konsisten dan tidak membuat kesalahan sendiri. Saya pikir saya masih bisa meningkatkan performa saya. Lawan saya hari ini (Gilmour) memiliki permainan menyerang yang bagus, jadi saya mencoba mencampurkannya dengan menggunakan servis rendah di waktu-waktu tertentu,” tutur Akane Yamaguchi.

Dalam wawancara terpisah yang dilakukan Federasi Bulutangkis Dunia (BWF), Kirsty Gilmour mengakui jika Yamaguchi tampil sangat baik pada pertandingan hari ini, khususnya di game pertama. Gilmour mencoba bermain lebih agresif di game kedua. Meski harus menelan kekalahan, pemain nomor 26 dunia itu merasa sudah memberikan penampilan terbaiknya di Olimpiade Tokyo 2020 ini.

“Saya tidak berpikir jika saya bermain buruk di game pertama. Tapi dia jelas lawan yang solid. Sangat sulit untuk mendapatkan kesalahan darinya. Saya pikir saya berhasil melakukannya dengan cukup baik di game kedua dan saya bisa bermain dengan baik,” ungkap Gilmour.

Sementara itu, di laga pamungkas penyisihan Grup E, Okuhara berhasil meraih kemenangan dua game langsung atas wakil Rusia, Evgeniya Kosetskaya dengan skor 21-6 dan 21-16.