Fokus Jadi Kendala Utama Sektor Tunggal Putra

Tunggal putra Indonesia, Anthony Sinisuka Ginting melepaskan serangan. (Copyright: Badmintonphoto | Courtesy of BWF)
Tunggal putra Indonesia, Anthony Sinisuka Ginting melepaskan serangan. (Copyright: Badmintonphoto | Courtesy of BWF)
Internasional ‐ Created by Bimo Tegar

Jakarta | Sektor ganda putra belum berhasil mempersembahkan gelar juara di dua turnamen Thailand Open 2020. Pencapaian terbaiknya hanya mencapai semifinal Yonex Thailand Open 2020 BWF World Tour Super 1000 melalui Anthony Sinisuka Ginting. Sementara di turnamen Toyota Thailand Open 2020 BWF World Tour Super 1000 pekan kemarin, pemain nomor enam dunia itu harus rela terhenti di babak 16 besar.

Dua wakil tunggal putra Indonesia lainnya juga memiliki hasil yang berbeda. Jonatan Christie misalnya. Di Yonex Thailand Open 2020 BWF World Tour Super 1000, Jonatan berhasil melangkah hingga perempat final, namun di Toyota Thailand Open 2020 BWF World Tour Super 1000, dia justru langsung terhenti di babak pertama.

Sedangkan Shesar Hiren Rhustavito belum bisa melangkah lebih jauh dari babak 16 besar Yonex Thailand Open 2020 BWF World Tour Super 1000 dan Toyota Thailand Open 2020 BWF World Tour Super 1000, dia justru langsung terhenti di babak pertama.

Kepala Pelatih tunggal putra Indonesia, Hendry Saputra mengatakan, kendala utama yang memengaruhi penampilan ketiga anak asuhnya itu adalah faktor non-teknis. Yakni soal fokus. Sebab menurut Hendry, Anthony, Jonatan dan Shesar tidak memiliki kendala teknis apapun.

“Kalau saya lihat dari main dan mendengar dari atletnya, mereka kehilangan fokus dan kurang bersiap menghadapi kesukaran dalam pikirannya. Jadi kurang yakin, hingga mainnya tidak maksimal, tidak keluar. Itu yang saya tangkap dan lihat dari sisi non-teknis. Kalau teknis sudah oke,” kata Hendry Saputra dalam siaran pers PP PBSI yang diterima Djarumbadminton.com.

Dari ketiga anak asuhnya yang dibawa ke Bangkok, hanya Anthony yang berhasil lolos ke BWF World Tour Finals (WTF) 2020. Hendry menaruh harapan cukup besar kepada Anthony untuk memberikan penampilan yang lebih baik di turnamen berikutnya.

“Untuk WTF saya yakin, dari kedua kejuaraan sebelumya, Ginting seharusnya sudah lebih baik pikiran dan mentalnya. Kalau bisa main maksimal, harusnya bisa juara. Targetnya bisa main maksimal dan juara,” tuturnya.