French Open 2022 - Fokus dan Disiplin Menjadi Kunci Kemenangan Vito

Shesar Hiren Rhustavito (Humas PP PBSI)
Shesar Hiren Rhustavito (Humas PP PBSI)
Internasional ‐ Created by EL

Jakarta | Tunggal putra Indonesia Shesar Hiren Rhustavito membuat kejutan di babak 32 besar French Open 2022 dengan menumbangkan unggulan ketiga Lee Zii Jia. Vito selaku pemain non-unggulan menang dua gim langsung 21-19, 21-18 atas pebulu tangkis berperingkat dua dunia asal Malaysia tersebut dalam tempo 44 menit, di Stade Pierre de Coubertin, Paris, Prancis, Rabu (26/10).

"Pertama-tama, saya bersyukur Alhamudilah bisa menang di pertandingan awal hari ini. Pada pertandingan ini, saya bermain nothing to lose dengan berusaha tidak memikirkan hasil. Saya fokus poin demi poin," jelas Vito,  melalui keterangan pers Humas PP PBSI, Rabu (26/10) petang.

Lebih lanjut Vito menjelaskan, sejak gim pembuka hingga kedua, pertarungan antara kedua pemain berlangsung sengit. Atlet asal klub PB Djarum tersebut mengakui, Zii Jia menunjukkan performa yang sangat baik. Berkali-kali ia harus menerapkan pola permainan bertahan guna meladeni permainan menyerang Zii Jia.

"Sebisa mungkin saya melakukan defense dengan baik, mengingat lawan punya serangan yang mematikan," Vito, mejelaskan.

Antara melaporkan, Vito tak kehabisan akal dan kembali memainkan reli-reli panjang dan umpan menyilang untuk mengakali stamina lawannya. Meski perlahan, Vito mulai mampu memperoleh poin demi poin dan semakin mendekati Zii Jia. "Klimaksnya terjadi saat Shesar yang berada pada skor 16-17 dari Lee, mampu menyusul dengan perolehan tiga poin menjadi 19-17," tulis kantor berita tersebut.

"Kunci kemenangan di laga ini saat poin sangat ketat, diperlukan fokus serta disiplin di atas lapangan," kata Vito.

Pada babak berikutya, Vito akan bertemu wakil Jepang, Kodai Naraoka. Secara umum, Vito menjelaskan persiapannya, "Menghadapi babak 16 besar sejauh ini persiapan sudah cukup bagus. Saya berusaha bermain lebih baik lagi ke depannya daripada hari ini."