(Fuzhou China Open) Praveen/Melati Rebut Kemenangan Pertama

Praveen Jordan/Melati Daeva Oktavianti (Indonesia) bersiap menyambut pengembalian.
Praveen Jordan/Melati Daeva Oktavianti (Indonesia) bersiap menyambut pengembalian. (Foto: PBSI)
Internasional ‐ Created by Bimo Tegar

Jakarta | Pasangan Praveen Jordan/Melati Daeva Oktavianti mampu merebut kemenangan pertamanya di ajang Fuzhou China Open 2019 BWF World Tour Super 750. Bertanding di Haixia Olympic Sports Center, Tiongkok, Rabu (6/11), Praveen/Melati berhasil mengandaskan perlawanan ganda campuran Jepang, Takuro Hoki/Wakana Nagahara dalam permainan dua game langsung dengan skor 21-17 dan 21-19.

Praveen/Melati nyaris saja kehilangan game kedua saat kondisi tertinggal 18-19. Beruntung, unggulan ketujuh ini mampu mengunci permainan Hoki/Nagahara dan mendulang tiga poin beruntun untuk memastikan kemenangannya.

“Seperti kita tahu, pemain Jepang itu ulet dan nggak mudah dimatikan. Waktu unggul di poin 10, kita banyak melakukan kesalahan sendiri, dan poinnya tersusul,” tutur Praveen Jordan mengomentari pertandingan.

“Memang beda di pola main, mereka kan pemain ganda putra dan ganda putri. Tadi kita banyak ambil poin dari bermain pola. Kalau kita adu kuat-kuatan, kan tahu sendiri kalau pemain Jepang nggak gampang ditembus. Jadi kita main di strategi,” lanjutnya menjelaskan.

Grafik penampilan Praveen/Melati belakangan tengah menanjak. Ganda campuran peringkat lima dunia ini baru saja mencatatkan back to back champions di ajang Denmark Open 2019 BWF World Tour Super 750 dan French Open 2019 BWF World Tour Super 750. Di turnamen kali ini, Praveen/Melati berharap bisa tampil maksimal seperti pada dua kejuaraan sebelumnya, kendati Melati sedang tidak dalam kondisi prima seratus persen. “Kita pasti kasih permainan terbaik, targetnya main maksimal dulu,” katanya.

“Apa pun kondisinya, tidak bisa jadi alasan, yang penting tetap fokus, konsentrasi dan komunikasi terus sama partner. Kalau dijalani semua, di lapangan juga lupa sama kondisi, karena sudah fokus sama pertandingan,” ungkap Melati Daeva Oktavianti.

Selanjutnya di babak dua Fuzhou China Open 2019 BWF World Tour Super 750, Praveen/Melati akan berjumpa pasangan suami isteri asal Inggris, Chris Adcock/Gabrielle Adcock yang baru saja memetik kemenangan 21-11 dan 21-17 atas ganda campuran Rusia, Rodion Alimov/Alina Davletova.

Ini akan menjadi duel ketujuh bagi kedua pasangan. Untuk sementara, baik Praveen/Melati maupun Duo Adcock, sama-sama telah mengoleksi tiga kemenangan dari enam pertemuan sebelumnya. Tapi pada bentrok terakhir di ajang French Open 2019 BWF World Tour Super 750, akhir Oktober kemarin, Praveen/Melati tercatat memenangi duel dengan skor 21-19 dan 21-12.