(Hong Kong Open) Indonesia Langsung Kehilangan Dua Ganda Campuran

Rinov Rivaldy/Pitha Haningtyas Mentari (Indonesia) bersiap menyambut pengembalian.
Rinov Rivaldy/Pitha Haningtyas Mentari (Indonesia) bersiap menyambut pengembalian. (Foto: PBSI)
Internasional ‐ Created by Bimo Tegar

Jakarta | Hasil kurang memuaskan harus ditelan Indonesia usai kehilangan dua wakil ganda campurannya di babak pertama Hong Kong Open 2019 BWF World Tour Super 500. Bertanding di Hong Kong Coliseum, Selasa (12/11), Tontowi Ahmad/Winny Oktavina Kandow dan Rinov Rivaldy/Pitha Haningtyas Mentari terpaksa angkat koper lebih cepat setelah dikalahkan lawan-lawannya.

Kekalahan pertama dialami Tontowi/Winny saat berhadapan dengan pasangan Jepang, Takuro Hoki/Wakana Nagahara. Dalam durasi permainan 34 menit, Tontowi/Winny dipaksa menyerah dengan skor 20-22 dan 18-21. Sementara Rinov/Pitha takluk di tangan unggulan keenam asal Malaysia, Chan Peng Soon/Goh Liu Ying dengan skor 16-21 dan 16-21.

Rinov/Pitha punya kesempatan untuk mencuri kemenangan di game kedua saat tengah unggul 16-11. Namun secara mengejutkan, Chan/Goh mampu mengunci perolehan angka Rinov/Pitha dan mendulang sepuluh poin beruntun hingga akhirnya memastikan kemenangan dan merebut tiket ke babak 16 besar Hong Kong Open 2019 BWF World Tour Super 500.

“Tadi kita banyak bermain di bawah tekanan lawan dan kita nggak bisa keluar dari tekanan itu. Di game kedua sebenarnya sempat memimpin, tapi habis itu kalau hilang poin, hilangnya banyak banget, kata Pitha Haningtyas Mentari usai bertanding.

“Di pertandingan tadi, kita banyak mati-mati sendiri, sebenarnya kita sudah bisa menerapkan pola main yang benar. Chan/Goh adalah pemain bagus, mereka punya banyak pengalaman. Kita masih harus banyak evaluasi lagi, misalnya, mainnya harus lebih safe dan dari tenaganya juga harus lebih ditambah lagi, ungkap Rinov Rivaldy menambahkan.

Dengan hasil ini, maka sektor ganda campuran Indonesia baru meloloskan satu wakilnya ke babak dua Hong Kong Open 2019 BWF World Tour Super 500 melalui pasangan Hafiz Faizal/Gloria Emanuelle Widjaja. Indonesia masih memiliki satu kesempatan lagi untuk menambah wakil ke babak 16 besar lewat Praveen Jordan/Melati Daeva Oktavianti yang baru akan bertanding besok (13/11), melawan ganda campuran Taiwan, Yang Po-Hsuan/Hu Ling Fang.