India Open 2023 - Indonesia Tanpa Wakil di Final

Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto (Humas PP PBSI)
Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto (Humas PP PBSI)
Internasional ‐ Created by EL

Jakarta | Ganda putra nomor satu dunia Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto gagal menembus partai puncak India Open 2023 usai dikalahkan Aaron Chia/Soh Wooi Yik di babak empat besar. Unggulan ketiga asal Malaysia itu menghentikan laju Fajar/Rian melalui kemenangan tiga gim dengan skor 11-21, 21-15, 21-16 dalam tempo 53 menit, Sabtu (21/1), di KD Jadhav Indoor Hall, New Delhi. Dengan hasil ini, tak satu pun wakil Indonesia lolos ke final.

"Alhamdulillah kami bisa menyelesaikan pertandingan dan tidak ada cedera. Kami sudah berjuang maksimal, cuma hasilnya memang tidak seperti yang diharapkan," ujar Fajar, melalui keterangan pers Humas PP PBSI.

"Kami mohon maaf karena belum berhasil maju ke final. Kami tentu juga merasa kecewa dengan hasil ini," tambahnya.

Fajar memuji perlawanan yang ditunjukkan Aaron/Soh pada laga semifinal turnamen BWF World Tour Super 750 ini. Pasangan berperingkat tiga dunia itu, menurutnya, memiliki pertahanan yang solid hingga sulit ditembus oleh lawan. "Berkali-kali serangan kami tidak bisa membongkar pertahanan lawan," katanya.

Sementara, Rian mengaku tak menemui kendala berarti pada gim pertama. Unggul cukup jauh dan dapat mengemas kemenangan 21-11 pada gim pembuka. Namun, lanjutnya, Aaron/Soh mengubah pola permainan pada gim kedua, begitu pun gim penutup. "Lawan lebih berani bermain di sisi depan, sementara kami banyak mati sendiri," jelasnya.

"Lawan memang sangat siap. Dari bola-bola depannya lawan memang sangat bagus. Pertahanannya juga susah ditembus. Kami serang, tidak tembus," demikian Rian.