Indonesia Masters 2022 - Tunggal Putri Tuan Rumah Sisakan Satu Wakil di Semifinal

Komang Ayu Cahya Dewi (Djarum Badminton)
Komang Ayu Cahya Dewi (Djarum Badminton)
Internasional ‐ Created by EL

Malang | Komang Ayu Cahya Dewi dan Ruselli Hartawan adalah dua wakil Indonesia yang tersisa pada sektor tunggal putri di turnamen bulu tangkis Indonesia Masters 2022, setelah Putri Kusuma Wardani dan Bilqis Prasista tersisih. Pebulu tangkis asal Bali tersebut melangkah ke babak delapan besar berkat kemenangan atas wakil Korea Selatan, Jeon Jui, dua gim langsung dengan skor 21-16, 21-9 di Platinum Arena, Malang, Jawa Timur, Kamis (20/10).

Putri harus mengakhiri petualangannya di turnamen berhadiah total 81 ribu dolar AS ini. Unggulan kedua itu takluk dua gim langsung dengan skor 12-21, 11-21 dari wakil China, Gao Fang Jie. Pada laga ini, juara Orléans Masters 2022 tersebut mengaku masih banyak melakukan kesalahan sendiri.

Adapun wakil Indonesia lainnya yang berlaga di babak 16 besar yakni Bilqis Prasista terhenti langkahnya. Juara Bangladesh Junior International Series 2021 itu harus menepi dari turnamen BWF level 100 seusai fisiknya makin menurun seusai tampil dua turnamen secara beruntun.

Bilqis tersingkir seusai mundur dalam kedudukan 15-21 di gim pertama ketika melawan unggulan pertama asal Jepang, Saena Kawakami. "Badan saya sudah tidak kuat lagi di pertandingan hari ini," tuturnya, melalui siaran pers Humas PP PBSI.

"Yang kemarin itu, sebenarnya saya juga paksakan dan bisa menang. Hari ini saya sudah tidak kuat lagi dan memutuskan mundur," Bilqis, menambahkan.

Di perempat final, Komang bertemu dengan unggulan keempat Ruselli Hartawan. Inilah pertemuan perdana antara Komang yang berperingkat 69 dunia dan Ruselli pebulu tangkis non-pelatnas yang kini menduduki peringkat 57 dunia.