Indonesia Masters 2023 - Debut Manis Christian Adinata

Christian Adinata (Djarum Badminton)
Christian Adinata (Djarum Badminton)
Internasional ‐ Created by EL

Jakarta | Christian Adinata melangkah ke babak utama Indonesia Masters 2023 seusai memenangi semua laga pada babak kualifikasi. Pebulu tangkis berperingkat 78 dunia itu meraih dua kemenangan untuk memastikan diri tampil di babak 32 besar. Berlaga di Istora Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta, Selasa (24/1), Christian menang atas Mark Caljouw 20-22, 21-14, 21-17. Sebelum mengatasi wakil Belanda tersebut, Christian mengalahkan tunggal putra India, Mithun Manjunath, dengan skor 21-18, 21-12.

Kemenangan di babak kualifikasi disyukuri oleh Christian, mengingat tahun ini dirinya menjalani debut pada turnamen BWF World Tour Super 500.

Dalam debutnya, juara Italian International 2022 itu langsung tampil pada ajang Indonesia Masters 2023 dan meraih hasil lumayan apik. "Bersyukur bisa main dengan baik, dilancarkan dari awal. Pada pertandingan ini, evaluasi mungkin kondisi agak lelah," kata Christian, melalui siaran pers Humas PP PBSI.

"Ini turnamen BWF Super 500 pertama saya dan bermain di Istora. Tentunya saya siap memberikan yang terbaik di setiap pertandingannya," pebulu tangkis kelahiran 16 Juni 2001 itu, menambahkan.

Semula, Christian masih merasa demam panggung mengingat publik Istora Senayan terus memberikan dukungan kepadanya. Dengan fokus tinggi untuk bisa meraih setiap poinnya, Christian akhirnya mampu mengatasi tekanan dan lolos ke babak utama turnamen tersebut. "Atmosfer di sini membuat saya sempat tegang pada awalnya. Perlahan saya mencoba mengatasi dan akhirnya bisa dan saya merasa senang sekali," ungkap Christian, yang di babak 32 besar akan bersua wakil Jepang, Kenta Nishimoto.

Namun, keberhasilan Christian tidak diikuti rekannya Ikhsan Leonardo Imanuel Rumbay. Juara Indonesia International Series 2022 itu harus terhenti langkahnya di babak awal kualifikasi dari wakil India, Sai Praneeth B lewat pertarungan rubber game dengan skor 18-21, 21-9, 15-21.

Satu lagi wakil Indonesia yang gagal lolos ke babak utama Indonesia Masters 2023 ialah pasangan Muhammad Rayhan Nur Fadillah/Rahmat Hidayat. Langkah mereka terhenti di babak kualifikasi seusai kalah dari wakil Denmark, Rasmus Kjær/Frederik Søgaard, melalui straight games 14-21, 13-21.