(Japan Open) Hafiz/Gloria Singkirkan Juara Bertahan, Indonesia Pastikan Satu Wakil di Final

Hafiz Faizal/Gloria Emanuelle Widjaja (Indonesia) bersiap menyambut pengembalian.
Hafiz Faizal/Gloria Emanuelle Widjaja (Indonesia) bersiap menyambut pengembalian. (Foto: PBSI)
Internasional ‐ Created by Bimo Tegar

Jakarta | Pasangan Hafiz Faizal/Gloria Emanuelle Widjaja berhasil menyingkirkan ganda campuran peringkat satu dunia sekaligus pemegang gelar juara bertahan, Zheng Siwei/Huang Yaqiong di babak perempat final Japan Open 2019 BWF World Tour Super 750, lewat kemenangan 21-17, 15-21 dan 21-19 pada pertandingan yang berlangsung di Musashino Forest Sport Plaza, Tokyo, Jumat (26/7).

Lewat pertarungan yang berdurasi 55 menit itu, Hafiz/Gloria tampil begitu apik dan menyulitkan Zheng/Huang. Pasangan peringkat satu dunia itu dibuat frustasi kala berusaha merobohkan pertahanan Hafiz/Gloria yang begitu kokoh di pertandingan kali ini. Hafiz/Gloria bermain lebih safe dan tidak banyak melakukan kesalahan sendiri.

“Kita awalnya nothing to lose, tapi nggak mau kalah begitu saja. Memang waktu di akhir sempat yakin nggak yakin bisa mengalahkan mereka, tapi buru-buru dibuang pikiran negatifnya,” kata Gloria Emanuelle Widjaja usai bertanding.

Hafiz Faizal menilai bila sedikit membuat kesalahan sendiri menjadi kunci keberhasilannya kali ini. Kunci yang paling penting dari kemenangan hari ini adalah bisa mengurangi kesalahan sendiri, yang kedua dari servisnya. Kita menerapkan permainan cepat, bikin mereka lari-lari dan ungguli permainan depan. Kita juga lebih tenang dalam mengembalikan bola-bola mereka, ungkap Hafiz.

Lebih lanjut Hafiz mengatakan, pola permainan yang diterapkannya pada pertandingan kali ini terbukti ampuh meredam pergerakan Zheng/Huang yang terkenal agresif dalam melancarkan serangan. Kalau mereka yakin, memang bolanya susah-susah, banyak bola silang. Tapi mungkin tadi lawan sudah ke-block sama Gloria, saya pun main safe. Tadi nggak nyangka bisa menang, tapi dalam hati tetap ada keyakinan bisa menang dari mereka," jelasnya.

Sementara itu, hasil manis serupa juga berhasil diraih pasangan Praveen Jordan/Melati Daeva Oktavianti yang menang 21-15 dan 21-15 atas ganda campuran Thailand, Dechapol Puavaranukroh/Sapsiree Taerattanachai. Di babak semifinal Japan Open 2019 BWF World Tour Super 750, Hafiz/Gloria akan berhadapan dengan Praveen/Melati.

Dengan pertemuan ini, artinya sektor ganda campuran Indonesia sudah memastikan satu tempat di babak final. Menanggapi partai perang saudara ini, Hafiz/Gloria mengaku akan tetap berjuang maksimal untuk merebut tiket final. Laga besok (27/7), akan menjadi semifinal level super 750 pertama bagi Hafiz/Gloria. Mereka juga pernah menembus babak semifinal turnamen level super 1000 di Blibli Indonesia Open 2018 lalu.

“Untuk besok, walaupun lawan teman sendiri tapi kita akan tetap fight, hasil belakangan yang penting bisa in dulu mainnya, tutup Gloria.