BATC 2022 - Hanya Tiga Wakil dari Jajaran 10 Besar Dunia

Ng Ka Long Angus (Humas PP PBSI)
Ng Ka Long Angus (Humas PP PBSI)
Internasional ‐ Created by EL

Jakarta | Kejuaraan Asia Beregu 2022 atau Badminton Asia Team Championship (BATC) 2022 hanya diikuti tiga wakil dari jajaran peringkat 10 besar dunia, di antara pemain yang didaftarkan delapan tim putra dan tujuh tim putri. Kejuaraan yang digelar di Selangor, Malaysia ini bakal menjadi panggung persaingan pemain-pemain pelapis dari sebagian besar negara.

Kompas, Sabtu (12/2), melaporkan bahwa dalam kejuaraan kualifikasi Piala Thomas dan Uber zona Asia ini, Malaysia bakal diperkuat tunggal dan ganda putra peringkat ketujuh dunia, yakni Lee Zii Jia dan Aaron Chia/Soh Wooi Yik.

Pemain lainnya yang berada di posisi sepuluh besar dunia, yakni tunggal putra peringkat kesembilan Ng Ka Long Angus asal Hong Kong.

Sementara, Indonesia, jelang keberangkatan ke Malaysia, telah mengumumkan bakal mengirimkan skuad "Garuda Muda". Dari 20 atlet putra dan putri Indonesia yang dikirim berlaga di BATC 2022, sebagian besar merupakan pemain yang baru kali pertama bertarung di kejuaraan beregu senior.

Hanya beberapa yang pernah tampil di ajang beregu, seperti Daniel Marthin, Leo Rolly Carnando, Gregoria Mariska Tunjung, dan Putri Kusuma Wardani. Mereka pernah mendapat kepercayaan untuk memperkuat Indonesia pada Piala Thomas dan Uber 2020 di Denmark.

Dalam siaran persnya, PP PBSI menyebut para pemain muda ini merasa senang dan bangga berkesempatan membela "Merah Putih" di panggung internasional. Namun, tak sedikit di antara mereka yang diselimuti rasa tegang jelang kejuaraan. "Saya sangat senang dan bangga mendapat kesempatan ikut serta dalam pertandingan beregu ini," kata ungkap pemain ganda putra, Muhammad Shohibul Fikri, belum lama ini.

"Hal ini bisa menjadi pengalaman baru dan menjadi pembelajaran baru untuk ke depannya nanti," demikian Fikri.