Kejuaraan Bulu Tangkis Eropa 2022 Dimulai

Clara Azurmendi (Humas PP PBSI)
Clara Azurmendi (Humas PP PBSI)
Internasional ‐ Created by EL

Jakarta | Kejuaraan Bulu Tangkis Eropa (BEC) 2022 dimulai digulirkan pada Senin (25/4), di Polideportivo Municipal Gallur, Madrid, Spanyol. Semua unggulan teratas mendapatkan jatah bye pada babak pertama dan hanya 15 pertandingan digelar pada hari pembuka kejuaraan perorangan ini. Ade Resky Dwicahyo, pemain asal Indonesia yang kini membela Azerbaijan, juga melaju ke babak kedua setelah mendapatkan bye.

Laman Badminton Europe menyebutkan, BEC 2022 menjadi ajang kembalinya pebulu tangkis tuan rumah Carolina Marin, setelah sekian lama absen karena cedera. Selain itu, wakil tuan rumah lainnya pada sektor tunggal putri, Clara Azurmendi, merasa beruntung dapat menunjukkan performanya di hadapan publik sendiri.

"Sebagai pemain Spanyol, saya merasa sangat beruntung karena mendapatkan kesempatan bermain di Madrid. Saya senang dapat bermain di Kejuaraan Eropa dan semua orang menikmat sebuah kejuaraan besar di rumah sendiri," jelas Azurmendi.

Pada hari pertama BEC 2022, Azurmendi bertemu wakil Bulgaria, Mariya Mitsova. Pemain berperingkat 43 dunia tersebut juga akan turun di nomor ganda putri, berpasangan dengan Beatriz Corrales. Pasangan yang kini menghuni peringkat 53 dunia itu berhadapan dengan Flavie Vallet/Emilie Vercelot asal Prancis.

Corrales juga turun di sektor tunggal putri dan akan bertanding di hari pembuka melawan Ksenia Polikarpova asal Israel.

Selain ketiga pebulu tangkis putri tersebut, wakil tuan rumah lainnya adalah Pablo Abian, Luís Enrique Peñalver, Joan Monroy/Carlos Piris, Jose Molares/Jaume Perez, Alberto Zapico/Lorena Uslé.

Sementara, bagi unggulan teratas Marcus Ellis/Lauren Smith, BEC 2022 merupakan kesempatan untuk meraih medali emas. Ganda campuran Inggris sudah mengoleksi medali perunggu pada 2018 dan perak (2021). "Tujuan utama kami adalah memberikan performa maksimal pada setiap pertandingan. Banyak lawan tangguh di kejuaraan ini, jadi kami ingin memberikan hasil terbaik," kata Smith.

"Jika dapat melakukan dua hal tersebut, kami memiliki banyak peluang untuk kembali ke kejuaraan ini dan meraih emas," Smith, menjelaskan.

Kans Ellis/Smith untuk berdiri di podium tertinggi BEC 2022 kian terbuka, menyusul keputusan kedua pemain yang hanya akan turun di satu nomor. Sebelumnya, baik Ellis maupun Smith pernah berlaga di sektor ganda putra dan ganda putri.