Korea Open 2022 - Fajar/Rian Harus Akui Keunggulan Kang/Seo

Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto (Humas PP PBSI)
Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto (Humas PP PBSI)
Internasional ‐ Created by EL

Jakarta | Ganda putra anyar milik tuan rumah Korea Selatan, Kang Minhyuk/Seo Seungjae, keluar sebagai juara Korea Open 2022. Pasangan yang baru dua kali mengikuti turnamen tersebut menang atas pasangan Indonesia Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto lewat tiga gim 19-21, 21-15, 21-18, dalam tempo 63 menit, di Palma Indoor Stadium, Incheon, Minggu (10/4) petang waktu setempat.

Kang/Seo meraih poin pertama pada gim pembuka, yang langsung disamakan oleh Fajar/Rian. Skor sama terjadi beberapa kali pada awal gim, mulai dari 1-1 hingga 3-3. Namun, dengan menerapkan permainan cepat dan pertahanan yang solid, Kang/Seo berhasil unggul 6-4 dari Fajar/Rian.

Meski Fajar/Rian sempat bangkit dan menipiskan jarak menjadi 8-7, Kang/Seo berhasil mempertahankan keunggulan mereka dan tetap memimpin pada interval gim pertama 11-8.

Seusai interval, Fajar/Rian berhasil meraih dua poin dan kembali memperkecil keunggulan lawan, 11-10. Pasangan tuan rumah, yang memiliki pertahanan yang rapat, gagal menahan laju Fajar/Rian hingga kedudukan sama kuat kembali terjadi pada 16-16.  

Fajar/Rian berhasil melaju dan meraih dua poin, sebelum Kang/Seo memperkecil jarak menjadi 19-18. Fajar/Rian, yang terlebih dahulu memiliki dua game point, berhasil memenangi gim pertama dengan skor 21-19

Pada gim kedua, Kang/Seo membuka keunggulan 3-0 dan terus memperlebar jarak menjadi 6-2. Upaya Fajar/Rian untuk bangkit dapat dibendung oleh Kang/Seo, yang memimpin 11-4 pada interval gim kedua.

Selepas interval, Fajar/Rian justru langsung tancap gas dan berhasil meraup empat poin beruntun. Namun, kedua pemain Indonesia ini belum menemukan cara untuk menembus pertahanan Kang/Seo, yang terus mempertahankan keunggulan 15-11.

Setelah mengantongi enam game point, Kang/Seo memaksa pertandingan menuju rubber game setelah memenangi gim kedua 21-15.

Pada awal gim ketiga, kedudukan sama sempat beberapa kali terjadi, mulai dari 1-1 hingga 4-4. Kedua pasangan juga tak menurunkan tempo permainan mereka, hingga skor kembali sama 8-8.

Memasuki interval gim terakhir, Kang/Seo kembali memimpin 11-9.

Usai jeda, permainan cepat kembali tersuguhkan di lapangan. Kang/Seo juga mampu mempertahankan keunggulan 14-10 atas lawannya.

Sempat terjadi reli terpanjang pada gim ketiga, yakni 34 pukulan yang berujung  pada poin bagi Fajar/Rian dan mengubah skor menjadi 18-16, masih keunggulan untuk Kang/Seo. Pascareli panjang tersebut, laju Kang/Seo justru kian sulit dibendung Fajar/Rian.

Kang/Seo pun mengantongi empat championship point dan memenangkan gim penentu ini dengan skor 21-18.

Kang/Seo keluar sebagai turnamen berlevel BWF World Tour Super 500 ini. Sementara, Fajar/Rian gagal mempertahankan gelar juara Korea Open, yang mereka raih pada 2019.