Malaysia Open 2023 - Fajar/Rian Juara!

Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto
Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto
Internasional ‐ Created by EL

Jakarta | Ganda putra Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto mencatatkan sejarah baru, menjuarai turnamen level BWF World Tour Super 1000 untuk kali pertama. Gelar juara tersebut diraih pasangan nomor satu dunia ini melalui turnamen bulu tangkis Malaysia Open 2023 di Axiata Arena, Bukit Jalil, Kuala Lumpur, Minggu (15/1) malam, setelah di final menang atas wakil China, Liang Wei Keng/Wang Chang, melalui tiga gim 21-18, 18-21, 21-13.

Pada awal gim pembuka, terjadi kejar-mengejar poin. Namun, Fajar/Rian mampu mendominasi permainan sebelum jeda interval dengan skor 11-7 lewat perolehan lima poin beruntun. Fajar/Rian kian agresif menyusun serangan pada Liang/Wang pada interval kedua. Meski dapat memimpin, Fajar/Rian tetap dibayangi lawannya yang berusaha mengejar.

Saat unggul 20-14, Fajar/Rian sempat kehilangan fokus dan memberi Liang/Wang kesempatan untuk meraup empat angka. Namun, Rian berhasil mematikan pukulan Wang yang datang dari depan net dan memastikan kemenangan gim pertama dengan skor 21-18.

Antara melaporkan, gim kedua menjadi momen dimana Fajar/Rian kesulitan untuk mengembangkan pola seperti sebelumnya.

Usai berganti lapangan, Liang/Wang bermain lebih nyaman pada sisi yang baru. Sementara, Fajar/Rian justru lebih banyak bertahan dan sesekali memberikan perlawanan.

Fajar/Rian hanya sempat memimpin pada jeda interval dengan skor 11-8 dan 12-10. Namun setelah itu juara Denmark Open 2022 itu kembali tertinggal hingga gim kedua berkesudahan 18-21. Dengan kedudukan sama kuat 1-1, kedua pasangan menuju rubber game.

Pasangan "Merah Putih" kembali menemukan momentum ketika kembali pada posisi lapangan seperti gim pertama. Kali ini, Fajar/Rian tampak lebih leluasa mengontrol serangan kepada Liang/Wang yang staminanya kian melorot.

Secara cepat, Fajar/Rian memimpin jalannya pertandingan gim ketiga dengan skor 11-9 atas pasangan China. Pada situasi tersebut, kondisi Liang/Wang semakin terlihat goyah dan tak sanggup menghalau serangan-serangan tajam dari Fajar/Rian.

Keuntungan tersebut dimanfaatkan dengan baik oleh Fajar/Rian dengan memaksa Liang/Wang terus mengangkat bola, sehingga memudahkan wakil Indonesia untuk melayangkan smes. Meski sudah di atas angin, Fajar/Rian tetap fokus dan enggan terburu-buru mematikan pukulan lawan. Hingga akhirnya hasil manis dibuahkan Fajar/Rian pada menit ke-67 dengan skor akhir 21-13.