Malaysia Open 2023 - Indonesia Kirim 17 Wakil, Ganda Putra Mendominasi

Yeremia Erich Yoche Yacob Rambitan & Pramudya Kusumawardana (Djarum Badminton)
Yeremia Erich Yoche Yacob Rambitan & Pramudya Kusumawardana (Djarum Badminton)
Internasional ‐ Created by EL

Jakarta | Para atlet bulu tangkis Indonesia akan mengawali musim 2023 dengan mengikuti turnamen level BWF World Tour Super 1000 Malaysia Open 2023 di Axiata Arena, Kuala Lumpur, Malaysia, 10-15 Januari. Sebanyak 17 wakil "Merah Putih" bakal bersaing dalam turnamen pembuka musim 2023 tersebut. Lima wakil di dalam turnamen berhadiah total Rp19,5 miliar tersebut, mengisi daftar unggulan pada nomor tunggal putra dan ganda putra.

Dari sektor tunggal putra, dua pebulu tangkis Indonesia mengisi daftar unggulan yakni Jonatan Christie (unggulan kelima) dan Anthony Sinisuka Ginting (keenam), kemudian Shesar Hiren Rhustavito dan Chico Aura Dwi Wardoyo.

Pada bagian tunggal putri sama seperti tahun sebelumnya, Gregoria Mariska Tunjung menjadi satu-satunya wakil Indonesia.

Menurut laporan Antara, ganda putra menjadi sektor paling banyak mengirim wakil, sebanyak enam pasangan. Tiga di antaranya masuk daftar unggulan, yakni Marcus Fernaldi Gideon/Kevin Sanjaya Sukamuljo (kedua), Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto (ketiga), dan Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan (kelima). Serta, Bagas Maulana/Muhammad Shohibul Fikri, Pramudya Kusumawardana/Yeremia Erich Yoche Yacob Rambitan, dan Leo Rolly Carnando/Daniel Marthin.

Apriani Rahayu/Siti Fadia Silva Ramadhanti dan Febriana Dwipuji Kusuma/Amalia Cahaya Pratiwi menjadi dua wakil Indonesia dalam ganda putri.

Adapun untuk ganda campuran, Indonesia menempatkan empat pasangan, meliputi Dejan Ferdinansyah/Gloria Emanuelle Widjaja, Rinov Rivaldy/Pitha Haningtyas Mentari, Rehan Naufal Kusharjanto/Lisa Ayu Kusumawati, dan Zachariah Josiahno Sumanti/Hediana Julimarbela.

Tahun lalu, Indonesia membawa satu gelar juara dari Malaysia Open melalui sektor ganda putri Apriyani/Fadia setelah dalam final mengalahkan wakil China Zhang Shuxian/Zheng Yu melalui rubber game 21-18, 12-21, 21-19.

Sementara pada sektor tunggal putra, Viktor Axelsen dari Denmark menjadi juara Malaysia Open 2022 setelah mengalahkan Kento Momota dari Jepang dengan 21-4, 21-7 dalam final. Gelar tunggal putri musim lalu menjadi milik pebulu tangkis Thailand Ratchanok Intanon yang mengalahkan Chen Yufei dari China dengan 21-15, 13-21, 21-16. Lalu ganda putra, Fajar/Rian yang tembus final menjadi runner-up setelah dikalahkan Takuro Hoki/Yugo Kobayashi 22-24, 21-16, 9-21.

Terakhir, ganda campuran dijuarai Zheng Siwei/Huang Yaqiong dari China yang mengalahkan Dechapol Puavaranukroh/Sapsiree Taerattanachai dari Thailand dengan 21-13, 21-18.

Berikut wakil Indonesia untuk Malaysia Open 2023:

Tunggal Putra
Jonatan Christie
Anthony Sinisuka Ginting
Shesar Hiren Rhustavito
Chico Aura Dwi Wardoyo

Tunggal Putri
Gregoria Mariska Tunjung

Ganda Putra
Kevin Sanjaya Sukamuljo/Marcus Fernaldi Gideon
Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan
Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto
Bagas Maulana/Muhammad Shohibul Fikri
Pramudya Kusumawardana/Yeremia Erich Yoche Yacob Rambitan
Leo Rolly Carnando/Daniel Marthin

Ganda Putri
Apriani Rahayu/Siti Fadia Silva Ramadhanti
Febriana Dwipuji Kusuma/Amalia Cahaya Pratiwi

Ganda Campuran
Rinov Rivaldy/Pitha Haningtyas Mentari
Rehan Naufal Kusharjanto/Lisa Ayu Kusumawati
Dejan Ferdinansyah/Gloria Emanuelle Widjaja
Zachariah Josiahno Sumanti/Hediana Julimarbela