Malaysia Open 2023 - Tiga Ganda Penjaga Asa "Merah Putih"

Dejan Ferdinansyah/Gloria Emanuelle Widjaja (Humas PP PBSI)
Dejan Ferdinansyah/Gloria Emanuelle Widjaja (Humas PP PBSI)
Internasional ‐ Created by EL

Jakarta | Indonesia memiliki tiga wakil pada semifinal turnamen bulu tangkis Malaysia Open 2023 yang berasal dari sektor ganda putra, ganda putri, serta ganda campuran. Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto, Apriyani Rahayu/Siti Fadia Silva Ramadhanti, dan Dejan Ferdinansyah/Gloria Emanuelle Widjaja, menjadi penjaga harapan untuk meraih podium teratas dari turnamen BWF World Tour Super 1000 tersebut. Rangkaian partai semifinal dimulai pada Sabtu (14/1) siang di Axiata Arena, Bukit Jalil, Kuala Lumpur.

Apri/Fadia akan kembali menantang Chen Qing Chen/Jia Yi Fan. Ganda putri nomor satu dunia dari China itu unggul 3-1 dalam rekor pertemuan dengan Apri/Fadia. "Untuk menghadapi partai semifinal lawan China, persiapannya seperti kemarin saja. Cukup makan enak, tidur enak, terus istirahat yang nyaman. Pokoknya makan banyak biar tenaganya mantap untuk menghadapi pertandingan semifinal," jelas Apri, dalam siaran pers Humas PP PBSI, Jumat (13/1).

Sementara, Dejan/Gloria akan menantang wakil China lainnya, Zheng Si Wei/Huang Ya Qiong. Pasangan binaan PB Djarum tersebut belum memiliki rekor pertemuan dengan ganda campuran China yang kini menempati peringkat pertama dunia itu. "Di semifinal, lawan adalah pasangan yang sering juara. Kami akan berjuang dulu, tidak mikir soal kalah atau menang. Kami tidak mau setengah-setengah dan nikmati permainan dan kami akan tampil maksimal saja," tanggapnya.

"Kami harus tetap bisa menjaga kondisi, tetap komunikasi. Kami juga harus tetap belajar juga dengan apa yang sudah dilalui. Selain itu juga harus tampil maksimal. Main tanpa beban saja," Gloria, menimpali komentar partnernya.

Kang Min Hyuk/Seo Seung Jae, ganda putra Korea Selatan yang berhasil melaju ke semifinal berkat kemenangan di perempat final atas Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan alias "The Daddies", menjadi lawan Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto. Kang/Seo unggul 1-0 atas Fajar/Rian dalam catatan head-to-head.

Fajar mengakui, persaingan di sektor ganda putra pada turnamen dengan hadiah total sekitar Rp19,5 milyar ini sangat ketat. Ganda putra nomor satu dunia itu harus melalui laga-laga ketat sejak hari pembuka turnamen. "Terbukti dari babak pertama, kami selalu main rubber game," kata Fajar.

Berikut jadwal pertandingan wakil Indonesia di semifinal Malaysia Open 2023:

Ganda Putri
Chen Qing Chen/Jia Yi Fan (China/1) vs. Apriyani Rahayu/Siti Fadia Silva Ramadhanti

Ganda Campuran
Zheng Si Wei/Huang Ya Qiong (China/1) vs. Dejan Ferdinansyah/Gloria Emanuelle Widjaja

Ganda Putra
Kang Min Hyuk/Seo Seung Jae vs. Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto (3)