Masih Karena Covid-19, BWF Terpaksa Batalkan Turnamen Taipei Open 2021

Logo Federasi Bulutangkis Dunia (BWF). (Sumber: bwfbadminton.com)
Logo Federasi Bulutangkis Dunia (BWF). (Sumber: bwfbadminton.com)
Internasional ‐ Created by Bimo Tegar

Jakarta | Beberapa hari setelah pengumuman dibatalkannya kejuaraan Korea Open 2021 BWF World Tour Super 500 dan Macau Open 2021 BWF World Tour Super 300, Federasi Bulutangkis Dunia (BWF) kembali memutuskan untuk membatalkan turnamen Taipei Open 2021 BWF World Tour Super 300 yang rencananya digelar 7 hingga 12 September mendatang. Dengan demikian, sudah ada tiga turnamen yang batal digelar pasca Olimpiade Tokyo 2020.

Dalam pernyataan resminya, BWF menuturkan bahwa keputusan mereka untuk membatalkan Taipei Open 2021 BWF World Tour Super 300 itu tak lepas dari pertimbangan keselamatan serta kesehatan semua pihak. Keputusan ini sudah bulat dan tidak bisa dihindari. Sebab, kondisi wabah virus korona di Taiwan memang sedang meningkat.

“Lebih lanjut dari pengumuman yang merinci pada pembaruan Kalender Turnamen BWF 2021, BWF dapat mengonfirmasi bahwa Taipei Open 2021 (BWF World Tour Super 300) sekarang dibatalkan. Ini mengikuti kondisi COVID-19 yang tidak terduga, membuat penyelenggara lokal tidak punya pilihan selain membatalkan,” tulis BWF di laman resminya, bwfbadminton.com.

“BWF menyesali adanya kabar tiba-tiba seperti ini, tetapi BWF tetap berkomitmen untuk melanjutkan rangkaian turnamen bulutangkis yang aman dan terstruktur untuk sisa tahun ini,” tulis BWF lagi.

Dengan demikian, tidak ada turnamen ‘pemanasan’ sebelum perhelatan Piala Sudirman 2021 di Vantaa, Finlandia (26 September – 6 Oktober) dan Piala Thomas & Uber 2020 di Aarhus, Denmark (9-17 Oktober) mendatang. Artinya, selain Piala Sudirman 2021 dan Piala Thomas & Uber 2020, BWF masih menyisakan delapan turnamen yang terjadwal hingga akhir musim kompetisi 2021, termasuk di antaranya, Kejuaraan Dunia di Huelva, Spanyol, Seri Asia dan BWF World Tour Finals di Bali, Indonesia.