Osaka International Challenge 2023 - Alwi Farhan Menuju Momen Emas

Alwi Farhan (Humas PP PBSI)
Alwi Farhan (Humas PP PBSI)
Internasional ‐ Created by EL

Jakarta | Kemenangan Alwi Farhan di Moriguchi City Gymnasium, Osaka, Jepang, Sabtu (1/4), menempatkan pebulu tangkis tunggal putra Indonesia itu selangkah untuk mencapai gelar juara Osaka International Challenge 2023. Ia berhasil mengemas kemenangan di babak empat besar atas unggulan kedua dari Korea Selatan, Jeon Hyeok Jin, lewat dua gim langsung 21-16, 21-12 dalam tempo 38 menit.

Kemenangan Alwi di Osaka diumumkan oleh PP PBSI pada Sabtu (1/4) pagi WIB. "Kalahkan wakil Korea, Alwi melompat lebih tinggi ke babak final Osaka International Challenge 2023! Proud!" kicau PP PBSI melalui akun Twitter @INABadminton.

Unggahan induk organisasi olahraga pukul bulu itu, terkait keberhasilan Alwi ditanggapi positif oleh warganet dan diikuti dengan respons ribuan akun yang memencet tombol suka. Selain membagikan ulang, tak sedikit pula warganet yang menanggapi cuitan tersebut. Semisal pemilik akun @BaehakiRamdani yang menuliskan, "Keren bisa mengalahkan Jin, pemain yg dulu selalu merepotkan jojo n ginting."

Warganet lainnya, @th_nico membalas cuitan PP PBSI dengan komentar, "2 MS Japan, 1 MS Malaysia, 1 MS Korea utk menuju Final. Cukup menjanjikan Alwi. Terus berproses & upgrade. Goodluck Finalnya. Smg bisa raih gelar."

Alwi menembus semifinal seusai menang atas Justin Hoh, Jumat (31/3) siang waktu setempat. Pebulu tangkis asal klub PB Exist ini berhasil menang dua gim langsung 21-14, 23-21 atas unggulan kedelapan dari Malaysia tersebut, dalam tempo 42 menit. Alwi menjadi satu-satunya wakil Indonesia yang tersisa sejak melampaui babak 32 besar.

Di babak pertama, Kamis (30/3) pagi waktu setempat, pemuda dari Solo, Jawa Tengah itu, memenangi drama tiga gim 21-10, 15-21, 21-18 dalam tempo 70 menit atas pebulu tangkis Jepang Riki Takei. Pada hari yang sama, di babak 16 besar, Alwi sukses menyingkirkan unggulan ketiga asal Jepang, Riku Hatano, dengan skor 21-11, 21-17 dalam tempo 34 menit.

Pada partai puncak, Minggu (2/4), Alwi akan menantang wakil tuan rumah Yushi Tanaka, yang juga unggulan kelima.