Peluang Terbaik Datang Tahun Ini

Mohammad Ahsan (Foto: Humas PP PBSI)
Mohammad Ahsan (Foto: Humas PP PBSI)
Internasional ‐ Created by EL

Jakarta | Meski bertanding di tengah belenggu pandemi, peluang Indonesia untuk meraih gelar juara Piala Sudirman datang pada tahun ini. Pendapat itu datang bukan dari sembarang orang, melainkan diucapkan oleh para mantan atlet, pelatih, maupun pengurus induk cabang olahraga pukul bulu ini. Sebagai salah satu kekuatan bulu tangkis dunia yang terjun di kejuaraan beregu campuran ini, terlebih dengan pencapaian manis di Olimpiade Tokyo 2020, Indonesia dinilai mampu membawa pulang Piala Sudirman.

Kepala Bidang Pembinaan dan Peningkatan Prestasi PP PBSI Rionny Mainaky menyebut, peluang untuk Indonesia juara di Piala Sudirman 2021 cukup besar. "Peluang lebih besar, tetapi kita tidak boleh anggap remeh. Kami tetap persiapkan pemain semaksimal mungkin. Kami juga menganggap penting, siapapun lawan kita harus kita keluarkan permainan terbaik meskipun ini menguntungkan buat kita," papar Rionny pada pertengahan pekan lalu, seperti dilaporkan situs berita CNN Indonesia.

Kontingen "Merah Putih" tiba di Finlandia sejak Rabu (22/9) dan sudah beberapa kali melakukan latihan ringan di Hämeenkylän liikuntahalli. Para atlet maupun pelatih juga telah menjajal tempat pertandingan perebutan Piala Sudirman 2021 di Energia Areena, Vantaa, Finlandia, sebuah fasilitas multi-fungsi dalam ruang di Myyrmäki Sports Park

Selain untuk beradaptasi, seperti disebutkan PP PBSI, latihan perdana ini dijadikan langkah awal guna meretas jalan merebut lambang supremasi bulu tangkis beregu campuran dunia. Latihan perdana di arena pertandingan dilakukan pada Kamis (24/9) mulai pukul 18:30 waktu setempat. Sekitar satu jam lamanya, seluruh atlet memanfaatkan lima lapangan yang tersedia untuk berlatih bersama. Tiga lapangan di "Main Court" dan dua lapangan di "Practice Hall" dimanfaatkan pemain untuk beradaptasi dan menjajal arena.

"Sejauh ini adaptasi saya dengan arena pertandingan tidak ada masalah," tutur Anthony Sinisuka Ginting, satu dari tiga atlet tunggal putra Indonesia yang diboyong ke Finlandia.

"Mulai dari tata lampu, embusan angin, dan shuttlecock, sudah kami coba semua. Lampu sih OK, shuttlecock memang terasa berat, dan untuk angin kita tunggu nanti seperti apa embusannya di pertandingan," Anthony, menambahkan.

Legenda bulu tangkis Indonesia Christian Hadinata berpendapat, Anthony merupakan salah satu pemain yang tampil semakin baik pada ajang-ajang besar. Pencapaian keping perunggu pada Tokyo 2020, menurutnya, turut membangkitkan rasa percaya diri pada tunggal putra peringkat kelima dunia itu.

Sebaliknya, lanjut Christian, bagi atlet-atlet unggulan yang gagal di Tokyo 2020, seperti Praveen Jordan, Melati Daeva Oktavianti, Kevin Sanjaya Sukamuljo, dan Marcus Fernaldi Gideon, Piala Sudirman 2020 semestinya menjadi ajang penebusan kegagalan itu. "Mereka harus memotivasi bermain lebih baik untuk Indonesia di Piala Sudirman," ujarnya, mengutip laporan harian Kompas, Sabtu (25/9).

Sejak akhir bulan lalu pun, tunggal putra Indonesia Jonatan Christie sudah fokus ke turnamen-turnamen penting lainnya, walau masih merasakan sedikit kekecewaan pasca-perhelatan Tokyo 2020. Jojo --sapaan karibnya-- juga menganggap ajang olahraga empat tahunan itu sebagai sebuah pengalaman yang sangat berharga untuk kelanjutan kariernya. "Saya sudah melupakan hasil di Olimpiade, sudah move on sebenarnya tapi belum 100% karena tetap masih ada pemikiran-pemikiran yang lalu," katanya.

"Tapi balik lagi, bagaimana caranya supaya itu menjadi sebuah pengalaman, bukan sebuah tekanan," tambah Jojo.

Perjalanan Indonesia di Piala Sudirman 2021 akan dimulai melawan Komite Olimpiade Rusia (ROC), Kanada, lalu Denmark. Rencananya, pertandingan perdana Indonesia melawan ROC berlangsung pada pukul 20:00 WIB dan disiarkan secara langsung oleh TVRI.