Perang Berkecamuk, Perjalanan Udara Tim Jepang Dialihkan

Kento Momota (Humas PP PBSI)
Kento Momota (Humas PP PBSI)
Internasional ‐ Created by EL

Jakarta | Maskapai penerbangan yang mengangkut tim bulu tangkis Jepang yang sedianya meninggalkan Tokyo pada Jumat (4/3) dengan tujuan Jerman, akhirnya menunda jadwal keberangkatan hingga keesokan hari. Ujung dari perang Rusia-Ukraina yang belum terlihat menjadi alasan kuat penundaan keberangkatan Kento Momota dan kawan-kawan, yang bakal bertanding di German Open 2022.

Kepada wartawan di Bandara Internasional Narita pada Sabtu (5/3), Momota mengungkapkan bahwa maskapai All Nippon Airways terpaksa mengalihkan rute penerbangan. Guna menghindari wilayah Rusia, maskapai Jepang tersebut terbang di atas sejumlah negara Asia dan mendarat di Belgia

"Saya paham bahwa tidak begitu banyak berita baik yang muncul pada saat ini. Saya hanya bisa berharap dapat memberikan penampilan terbaik di sejumlah turnamen di Eropa ini," jelas Momota, mengutip Badminton Planet.

Mantan penghuni peringkat nomor satu dunia ini akan bertanding di German Open 2022 pada 8-13 Maret dan All England 2022 (16-20 Maret). "Saya tidak akan berpikir yang berlebihan, saya hanya ingin bermain tanpa beban dan memberikan yang terbaik," katanya.

Pada All England 2021, pebulu tangkis Malaysia Lee Zii Jia membuat kejutan besar dengan menyingkirkan Momota, yang kala itu berperingkat satu dunia. Zii Jia menang dua gim langsung dengan skor 21-16, 21-19 pada babak perempat final di Arena Birmingham, Birmingham, Inggris.

Selain sukses melaju ke semifinal All England Open 2021, kemenangan tersebut juga menjadi yang pertama bagi Zii Jia atas Momota. Sebelumnya, Zii Jia selalu kalah dalam enam pertandingan melawan Momota.