Piala Sudirman 2023 - China Pertahankan Gelar Juara

Huang Ya Qiong & Zheng Si Wei (Djarum Badminton)
Huang Ya Qiong & Zheng Si Wei (Djarum Badminton)
Internasional ‐ Created by EL

Jakarta | Tim bulu tangkis China berhasil menjuarai Piala Sudirman untuk kali ke-13. Sang juara bertahan sekaligus tuan rumah kejuaraan dunia bulu tangkis beregu campuran edisi ke-18 ini menang 3-0 atas Korea Selatan di Suzhou Olympic Sports Centre, Suzhou, China, Minggu (21/5) petang waktu setempat. Lagi-lagi, China membawa pulang trofi yang menggunakan nama mantan ketua umum PBSI Dick Sudirman ini.

China membuka kemenangan pertama melalui ganda campuran Zheng Si Wei/Huang Ya Qiong atas Seo Seung Jae/Chae Yu Jung. Setelah kalah 18-21 pada gim pembuka, dengan dukungan ribuan penonton, Zheng/Huang bangkit dan berhasil memenangi dua gim berikutnya 22-20, 21-8 dalam tempo 62 menit.

Pada partai kedua yang menyajikan laga tunggal putra, China kembali memercayakan Shi Yu Qi untuk meladeni perlawanan Lee Yun Gyu. Pebulu tangkis berusia 27 tahun itu menuntaskan pertandingan dalam tempo 55 menit melalui straight games 21-13, 21-17.

Chen Yu Fei memastikan gelar juara Piala Sudirman 2023 menjadi milik China, berkat kemenangan pada partai ketiga atas An Se Young. Tunggal putri berperingkat empat dunia itu menang dua gim langsung 21-16, 22-20 dalam tempo 57 menit.

Sekadar catatan, pertandingan antara China dan Korea Selatan ini, adalah ulangan final Piala Sudirman 2017 di Gold Coast, Australia. Kala itu, Korea Selatan menang 3-2 atas China, dan menjadi tim terakhir yang mampu menggusur dominasi China pada Piala Sudirman.