Piala Thomas & Uber 2020 - Skuad "Merah Putih" Beradaptasi dengan Ceres Arena

Hendra Setiawan dan Mohammad Ahsan menjajal Ceres Arena (Humas PP PBSI)
Hendra Setiawan dan Mohammad Ahsan menjajal Ceres Arena (Humas PP PBSI)
Internasional ‐ Created by Junius

Jakarta | Tim bulu tangkis Indonesia akhirnya dapat menjajal Ceres Arena di Aarhus, Denmark, Kamis (7/10) pagi waktu setempat. Para pemain menjalani latihan perdana dengan penuh gairah, antusias, dan semangat baru. Meski, Hendra setiawan dan kawan-kawan hanya berlatih sekitar satu jam di tempat digelarnya Piala Thomas dan Uber 2020 tersebut,

Sebanyak 24 pemain, yang terdiri dari 12 putra dan 12 putri, di bawah arahan pelatih masing-masing, memanfaatkan sesi ini dengan maksimal. Tiga puluh menit  pertama, tim Piala Thomas berlatih teknik di arena yang berkapasitas sekitar 5.000 kursi tersebut.

Dengan tiga lapangan yang tersedia, Anthony Sinisuka Ginting berpartner dengan Jonatan Christie, bertanding melawan Shesar Hiren Rhustavito dan Chico Aura Dwi Wardoyo. Di sektor ganda putra, Hendra Setiawan/Mohammad Ahsan berlatih melawan Marcus Fernaldi Gideon/Fajar Alfian.  

Sementara di lapangan lain, Kevin Sanjaya bersama Rian Ardianto berlatih tanding dengan Leo Rolly Carnando/Daniel Marthin. Beberapa saat kemudian, formasi pemain ganda berlatih, sesuai dengan pasangan aslinya. Mereka juga berpindah lapangan dari lapangan satu ke lapangan kedua, dan berlanjut ke lapangan ketiga.

Di pinggir lapangan, tim Piala Uber yang menunggu giliran, melakukan pemanasan dan latihan fisik ringan dengan joging. Mereka baru berlatih teknik setelah tim putra rampung. Tim ganda putri Greysia Polii berlatih bersama Febby Valencia menghadapi Ribka Sugiarto/Siti Fadia Silva Ramadhanti. Sebelumnya, Greysia/Febby menjajal Nita Violina Marwah/Putri Syaikah. Lalu, Ribka/Fadia berjibaku melawan Apriyani Rahayu/Jesita Putri Miantoro.

Pada tunggal putri, empat pemain juga berlatih bersama di tempat yang bakal menjadi arena pertandingan pada 9-17 Oktober 2021 itu. Gregoria Mariska berlatih melawan Nandini Putri Arumi. Sementara, Ester Nurumi Tri Wardoyo berlatih dengan Putri Kusuma Wardani.

Semua ini dilakukan agar pemain bisa cepat beradaptasi dengan ketiga lapangan yang akan menjadi arena pertandingan. Mereka harus beradaptasi dengan arah angin, tata lampu, dan jenis kok yang digunakan.

"Hari ini kita bisa menjajal lapangan. Kita manfaatkan sebaik mungkin kesempatan. Kita berharap pemain bisa beradaptasi secepat mungkin dengan arena," kata Kepala Bidang Pembinaan dan Prestasi PP PBSI Rionny Mainaky, melalui keterangan resmi tim Humas dan Media PP PBSI, Kamis (7/10).

"Kita masih memiliki dua hari lagi untuk berlatih di sini dan beradaptasi sebelum bertanding pada Sabtu mendatang," demikian Rionny.