(Piala Thomas & Uber) Sekjen PP PBSI Optimis Piala Thomas ke Indonesia

Tim putra Indonesia di ajang Badminton Asia Team Championships 2020. (Foto: PBSI)
Tim putra Indonesia di ajang Badminton Asia Team Championships 2020. (Foto: PBSI)
Internasional ‐ Created by setiawan

Jakarta | Melihat kekuatan yang dimiliki tim putra saat ini, Sekretaris Jenderal PP Persatuan Bulutangkis Seluruh Indonesia (PBSI) Achmad Budhiarto mengaku optimis memboyong Piala Thomas ke Indonesia.

Untuk tim putra ini adalah peluang besar karena ini kebetulan (pebulutangkis putra) menduduki rangking yang tinggi baik tunggal maupun ganda. Jadi bisa ada kesempatan untuk memborong Piala Thomas ke Indonesia,” ucap Sekjen PP PBSI Achmad Budiharto, seperti dilansir antaranews.com.

Memang saat ini, Tim putra Indonesia menjadi salah satu tim terkuat di dunia. Apa lagi pekan kemarin, tim putra berhasil mempertahankan gelar sekaligus mencetak hattrick pada turnamen Badminton Asia Team Championships (BATC) di Manila, Filipina.

Optimisme meraih gelar Piala Thomas bukanlah tanpa alasan. Pasalnya, ganda putra Indonesia menjadi yang terbaik dengan menduduki peringkat satu dan dua dunia. Sebut saja, pasangan Kevin Sanjaya Sukamuljo/Marcus Fernaldi Gideon dan Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan yang cukup disegani oleh lawan-lawan lainnya.

Sedangkan di sektor tunggal putra, dua pebulutangkis Indonesia berada di deretan peringkat 10 besar dunia. Di peringkat tiga dunia ada nama Anthony Sinisuka Ginting, lalu nama Jonatan Christie berada di peringkat tujuh dunia.

Berbeda dengan tim putra, Sekjen PP PBSI juga mengaku realistis dengan peluang tim putri di piala Uber 2020 mendatang. "Untuk tim Uber kita masih harus berjuang keras dan realistis. Mungkin kita harus menambah jam terbang lagi," ujar Achmad Budiharto.

Bahkan, Achmad Budiharto tak menampik jika di sektor putri masih belum merata dibandingkan dengan sektor putra yang bertengger di posisi lima besar dunia. Oleh sebab itu, tim putri ditargetkan setidaknya lolos fase grup, itu merupakan satu target realistis saat ini.

"Kita sih berharap paling tidak lolos fase grup dan masuk ke babak berikutnya," pungkas Achamd Budiharto.

Turnamen Piala Thomas Uber 2020 akan berlangsung di Aarhus, Denmark pada tanggal 16 hingga 24 Mei mendatang.