Regenerasi Sektor Tunggal Putri

Putri Kusuma Wardani (Foto: Dok. Humas PP PBSI)
Putri Kusuma Wardani (Foto: Dok. Humas PP PBSI)
Internasional ‐ Created by EL

Jakarta | Masuknya dua atlet muda Ester Nurumi Tri Wardoyo dan Putri Kusuma Wardani untuk memperkuat skuat Indonesia di Piala Sudirman 2021, dinilai sebagai bagian dari regenerasi sektor tunggal putri. Perkembangan keduanya juga dianggap cukup potensial untuk bersaing di kejuaraan beregu yang akan digelar di Vantaa, Finlandia, pada 26 September-3 Oktober.

"Bukan asal bawa. Dari hasil latihan, mereka lebih konsiste, penamipilan bisa baik, artinya mereka punya proses. Serta konsentrasi yang membuat mereka lebih maju. Cukup untuk bisa mendampingi Gregoria (Mariska Tunjung)," jelas Kepala Bidang Pembinaan dan Prestasi PP PBSI Rionny Mainaky, seperti dilaporkan Jawa Pos, Rabu (15/9).

Selain Ester dan Putri --yang dipercaya mengisi tunggal putri kedua dan ketiga--, Pitha Haningtyas Mentari dan Rinov Rivaldy juga tercatat sebagai dua atlet muda lainnya yang bakal diboyong Rionny ke Finlandia.  

Di sisi lain, masih  menurut laporan media harian ini, masuknya Ester dan Putri menggeser seniornya, Ruselli Hartawan, yang berada di peringkat 42 dunia. Sedangkan Putri menempati peringkat 136, sementara Ester belum memiliki peringkat.

Terkait hal tersebut, Rionny tidak  hanya melihat dari peringkat dan hasil simulasi gelaran PBSI belum lama ini. Proses latihan sehari-hari, menurutnya, juga menjadi pertimbangan penting dalam pemilihan pemain yang mengisi skuat "Merah Putih". Termasuk kemajuan yang ditunjukkan Putri dan Ester sepanjang tahun 2021. Putri berhasil meraih gelar juara Spain Masters 2021. "Sebagai pemain muda, mereka juga membutuhkan jam terbang lebih," demikian dituliskan melalui artikel bertitel "Proses Regenerasi Tunggal Putri" itu.

"Kejuaraan lebih minim saat itu. Setiap selesai latihan selalu kami adakan evaluasi dan belajar dari situ. Rajin dan tidak mengeluh, di situ poinnya. Maka, saya putuskan membawa mereka," demikian Rionny.