Satu Pebulutangkis India Dinyatakan Positif

Reddy N. Sikki/Ashwini Ponnappa (India) saat berlaga di ajang Blibli Indonesia Open 2019 BWF World Tour Super 1000.
Reddy N. Sikki/Ashwini Ponnappa (India) saat berlaga di ajang Blibli Indonesia Open 2019 BWF World Tour Super 1000.
Internasional ‐ Created by Bimo Tegar

Jakarta | Pebulutangkis ganda putri India, Reddy N. Sikki dinyatakan positif COVID-19 setelah dilakukan pemeriksaan di pemusatan latihan Sports Authority of India (SAI). Selain Sikki, fisioterapis India, Kiran Challagundla juga dinyatakan terjangkit virus tersebut. Atas kabar tak mengenakkan ini, Akademi Gopichand di Hyderabad, India, sementara ditutup hingga beberapa hari ke depan untuk disanitasi.

Dilansir dari laman resmi Federasi Bulutangkis Dunia (BWF), Sikki mengatakan bila dia baik-baik saja usai divonis positif. Meski dinyatakan positif, Sikki dan Kiran dikabarkan tidak menunjukkan adanya gejala fisik apapun dari virus tersebut.

“Ada seperangkat protokol sesuai dengan Otoritas Olahraga India yang kami ikuti. Ini sesuai diagnosis Sikki dan juga hal-hal yang terkait dengan pelatihan sesuai protokol. Sikki sekarang harus dikarantina dan baru bisa kembali berlatih jika sudah dinyatakan sembuh dengan dua hasil tes yang menunjukkan bahwa dia negatif,” kata Kepala Pelatih Bulutangkis India, Pullela Gopichand dilansir bwfbadminton.com.

Karena tidak mengalami gejela, Sikki dan Kiran harus menjalani karantina di rumah mereka masing-masing. “Sebagai tindakan pencegahan, masing-masing keluarga Sikki dan suaminya B Sumeeth Reddy juga ikut tes COVID,” kata sumber menangani hal tersebut sebagaimana dikutip dari media India, sports.ndtv.com.

Sementara itu, Selain Sikki dan Kiran, 19 nama yang berada di pemustan latihan SAI, dinyatakan negatif. 19 nama itu termasuk pemain, pelatih dan staf pendukung tim bulutangkis India. Sikki yang berpasangan dengan Ashwini Ponnappa di ganda putri, terlihat sempat menjalani latihan bersama tiga pelatih asal Indonesia, Namrih Suroto, Agus Dwi Santoso dan Miftah pada 7 Agustus lalu.