(Singapore Open) Anthony Melesat ke Final

Anthony Sinisuka Ginting (Indonesia) berusaha menghadang serangan.
Anthony Sinisuka Ginting (Indonesia) berusaha menghadang serangan. (Foto: PBSI)
Internasional ‐ Created by Bimo Tegar

Jakarta | Pebulutangkis tunggal putra Indonesia, Anthony Sinisuka Ginting berhasil melesat ke babak final Singapore Open 2019 BWF World Tour Super 500 setelah mengalahkan unggulan kedua asal Taiwan, Chou Tien Chen dalam pertarungan tiga game dengan skor 21-17, 18-21 dan 21-14 pada pertandingan semifinal yang berlangsung di Singapore Indoor Stadium, Sabtu (13/4).

“Puji Tuhan bisa menyelesaikan pertandingan ini dengan baik, seperti kemarin. Pastinya senang banget bisa menang hari ini, bisa masuk ke final. Apalagi lawan hari ini lawan yang bagus juga. Jadi senang bisa menang,” kata Anthony Sinisuka Ginting selepas pertandingan.

Anthony sempat kerepotan di awal game pertama dengan tertinggal 2-8 atas Chou. Pun demikian dengan yang terjadi di awal game ketiga. Pebulutangkis asuhan PB SGS PLN Bandung ini juga harus lebih dulu tertinggal 1-4 sebelum akhirnya bisa memperlebar jarak dengan mendulang tujuh poin beruntun.

Belajar dari pengalaman, Anthony tak mau berada di bawah irama permainan lawan hingga akhirnya mampu melesat dan mengamankan tiket ke partai puncak Singapore Open 2019 BWF World Tour Super 500. Kemenangan ini sekaligus memperbaiki catatan pertemuan Anthony dengan Chou menjadi 5-4.

“Awal game pertama saya terlalu banyak ngangkat bola, jadi lawan lebih enak. Pas menyusul tadi saya ubah tempo mainnya. Game pertama kondisi lapangan bisa dibilang diunggulkan karena kalah angin. Jadi mainnya nggak ada ragu sama sekali. Game kedua juga sebenarnya ketat dari awal sampai akhir, tapi di poin-poin menentukan saya kurang bisa menggunakan cara main yang tepat. Jadi Chou Tien Chen bisa balik unggul,” jelasnya.

“Di game ketiga mikirnya sebelum interval sebisa mungkin ambil poin yang banyak, jadi saat pindah lapangan tinggal diterapkan lagi pola main di game kedua saat ramai poinnya,” sambungnya.

Saat berita ini diturunkan, Anthony masih menunggu hasil pertandingan antara tunggal putra Jepang, Kento Momota melawan wakil Denmark, Viktor Axelsen. Pemenang dari duel Momota kontra Axelsen ini, akan menjadi lawan Anthony di babak final Singapore Open 2019 BWF World Tour Super 500, besok (14/4).

Menanggapi caloan lawannya nanti, Anthony enggan berkomentar banyak dan memilih untuk fokus pada persiapan dirinya sendiri. “Perasaannya tentu senang kemarin mengalahkan Chen Long, hari ini Chou Tien Chen. Tapi perjuangan belum berakhir, besok masih ada lawan yang lebih tangguh lagi dari hari ini dan sebelumnya. Tetap jaga fokusnya dan recovery lagi,” tandasnya.