Singkirkan Pasangan No. 12 Dunia, ‘Dendam’ Daniel/Leo Terbalaskan

Selebrasi ganda putra Indonesia, Daniel Marthin/Leo Rolly Carnando. (Copyright: Badmintonphoto | Courtesy of BWF)
Selebrasi ganda putra Indonesia, Daniel Marthin/Leo Rolly Carnando. (Copyright: Badmintonphoto | Courtesy of BWF)
Internasional ‐ Created by Bimo Tegar

Jakarta | Daniel Marthin/Leo Rolly Carnando berhasil membalaskan dendamnya atas ganda putra Denmark nomor 12 dunia, Kim Astrup/Anders Skaarup Rasmussen di babak pertama Toyota Thailand Open 2020 BWF World Tour Super 1000. Dalam tempo 62 menit, pasangan muda Indonesia yang masih menduduki peringkat 70 dunia itu mampu mengunci kemenangan dengan skor 17-21, 21-15 dan 21-19 pada pertandingan yang berlangsung di Impact Arena, Bangkok, Selasa (19/1).

Pada pertemuan sebelumnya, di ajang Barcelona Spain Masters 2020 BWF World Tour Super 300, Daniel/Leo kalah dua game langsung dengan skor 15-21 dan 18-21.

Penampilan Daniel/Leo di Seri Asia 2020 ini boleh dibilang sangat apik. Pasangan Juara Dunia Junior 2019 itu tercatat sebagai pemain termuda (19 tahun) yang sukses menembus babak semifinal di ajang Yonex Thailand Open 2020 BWF World Tour Super 1000, pekan kemarin.

Meski begitu, Daniel Marthin enggan jumawa dan besar kepala. Dia bahkan mengaku masih memiliki kekurangan. Pemain binaan PB Djarum Kudus itu juga menyadari bahwa dalam setiap kemenangannya, termasuk hari ini, selalu harus diselesaikan dalam permainan tiga game.

“Sangat disayangkan bahwa dalam semua pertandingan yang kami mainkan, kami kalah pada game pertama. Tapi itu bukan bagian dari strategi kami. Kami harus tetap tenang untuk bisa bermain dan menang,” kata Daniel Marthin kepada Federasi Bulutangkis Dunia (BWF).

Sementara itu, Astrup/Rasmussen mengaku cukup kecewa atas hasil hari ini. Sebab, dia merasa banyak melakukan kesalahan sendiri yang tentunya membawa keuntungan buat Daniel/Leo. “Kami sudah memainkan game pertama dengan sangat bagus. Kami merasa baik di lapangan, tapi mereka memiliki beberapa pukulan pendek di mana mereka memenangkan sejumlah poin. Kami sudah berusaha melawan dan mendekat,” tutur Anders Skaarup Rasmussen.

“Saya pikir kami telah berlatih dengan baik di antara turnamen (seri Asia) ini. Kami sangat ingin bermain. Sangat menyenangkan berada di lapangan hari ini. Tapi tentu saja kalah 21-19 di game ketiga dan membuat beberapa kesalahan membuat saya rugi, padahal saya sangat ingin menang,” sambungnya menambahkan.

“Kami memimpin pada game kedua dan bermain bagus, tapi kemudian permainan mereka meningkat dan kami tidak cukup cepat untuk meresponnya,” timpal Kim Astrup.

Di babak 16 besar Toyota Thailand Open 2020 BWF World Tour Super 1000, Daniel/Leo sudah ditunggu ganda putra nomor satu Malaysia, Aaron Chia/Soh Wooi Yik yang lebih dulu lolos berkat kemenangan 21-10 dan 21-18 atas wakil tuan rumah, Weeraphat Phakjarung/Wongsathorn Thongkham. Ini akan menjadi pertemuan perdana bagi kedua pasangan.