Spain Masters 2023 - Tantangan Tanding Tiga Pekan Beruntun

Gregoria Mariska Tunjung (Djarum Badminton)
Gregoria Mariska Tunjung (Djarum Badminton)
Internasional ‐ Created by EL

Jakarta | Sudah tiga pekan tim bulu tangkis Indonesia berada di Eropa. Tak sedikit di antara mereka yang bersaing di tiga turnamen secara beruntun. Beberapa yang masih bertahan di Spain Masters 2023, sebagai ajang ketiga, adalah Gregoria Mariska Tunjung, Bagas Maulana/Muhammad Shohibul Fikri, Pramudya Kusumawardana/Yeremia Erich Yoche Yacob Rambitan, Praveen Jordan/Melati Daeva Oktavianti, dan Rehan Naufal Kusharjanto/Lisa Ayu Kusumawati. Selain lawan, kondisi fisik yang menurun menambah tantangan yang mesti dihadapi.

"Bermain pada turnamen ketiga dalam pekan ketiga beruntun di Eropa mulai memberi dampak bagi pebulu tangkis Indonesia," tulis Kompas pada Kamis (30/3).

Dalam laporan dengan kepala berita "Tantangan Fisik pada Pekan Ketiga" itu juga disebutkan, upaya untuk tetap tampil baik dalam turnamen beruntun dilakukan oleh mereka yang tampil sejak All England 2023 pada 14-19 Maret di Birmingham, Inggris. Lalu, Swiss Open 2023 di Basel, Swiss, pada pekan berikutnya, dan Spain Masters 2023 pada 28 Maret-2 April.

Media harian tersebut  juga menyebutkan, Bagas/Fikri paling konsisten di antara sesama pasangan pelapis pelatnas utama ganda putra. Begitu pula dengan Rehan/Lisa yang dinilai bisa menjaga performa untuk melewati babak pertama di Spanyol.

Pada hari ketiga penyelenggaraan Spain Masters 2023 di Centro Deportivo Municipal Gallur, Madrid, Spanyol, sebanyak 12 wakil Indonesia akan bertarung di babak 16 besar. Ganda campuran "Merah Putih" mendominasi dengan empat pasangan, tiga ganda putra, dua wakil masing-masing di sektor tunggal putri dan ganda putri, serta satu tunggal putra.

Di babak kedua ini, ganda putra Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto bertemu pasangan Denmark, Andreas Søndergaard/Jesper Toft. Seusai menjuarai All England 2023, pasangan nomor satu dunia itu melewatkan Swiss Open 2023, dan memulai debutnya di Spanyol.

Sementara, tunggal putri Putri Kusuma Wardani akan berupaya untuk mempertahankan tren kemenangan atas Pusarla V. Sindhu. Sepekan lalu di Basel, Putri berhasil menang tiga gim di babak  16 besar atas peraih medali perunggu Olimpiade Tokyo 2020 itu.

Berikut susunan pertandingan para wakil Indonesia di babak 16 besar Spain Masters 2023, Kamis (30/3):

Lapangan 1

  • Jesper Toft/Clara Graversen (Denmark) vs. Amri Syahnawi/Winny Oktavina Kandow
  • Adnan Maulana/Nita Violina Marwah vs. Mathias Thyrri/Amalie Magelund (Denmark)
  • Putri Kusuma Wardani vs. Pusarla V. Sindhu (India/2)

Lapangan 2

  • Lee Jhe-Huei/Hsu Ya Ching (Taiwan) vs. Rehan Naufal Kusharjanto/Lisa Ayu Kusumawati (7)
  • Christian Adinata vs. Rasmus Gemke (Denmark/6)
  • Liu Sheng Shu/Tan Ning (China) vs. Febriana Dwipuji Kusuma/Amalia Cahaya Pratiwi (7)
  • Meilysa Trias Puspita Sari/Rachel Allessya Rose vs. Chang Ching Hui/Yang Ching Tun (Taiwan)
  • Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto (1) vs. Andreas Søndergaard/Jesper Toft (Denmark)

Lapangan 3

  • Praveen Jordan/Melati Daeva Oktavianti vs. Ty Alexander Lindeman/Josephine Wu (Kanada)
  • Gregoria Mariska Tunjung (5) vs. Kim Ga Eun (Korea Selatan)
  • Pramudya Kusumawardana/Yeremia Erich Yoche Yacob Rambitan vs. Ayato Endo/Yuta Takei (Jepang)

Lapangan 4

  • Muhammad Shohibul Fikri/Bagas Maulana (5) vs. Fang-Chih Lee/Fang-Jen Lee (Taiwan)