(Thailand Masters) Nyaris Kalah, Fitriani Pantang Menyerah

Fitriani menyambut pengembalian.
Fitriani menyambut pengembalian.
Internasional ‐ Created by Bimo Tegar

Jakarta | Pebulutangkis tunggal putri Indonesia, Fitriani tampil luar biasa saat melewati rintangan pertama di laga pembuka Thailand Masters 2019 BWF World Tour Super 300, Rabu (9/1). Bertanding di Indoor Stadium Huamark, Bangkok, Fitriani menang dramatis 18-21, 21-9 dan 23-21 atas wakil Malaysia, Lee Ying Ying.

Fitriani tampil mengejutkan saat tertinggal jauh 13-20 di game ketiga. Lee hanya butuh satu angka lagi untuk bisa mengunci kemenangan. Namun, satu per satu angka tambahan berhasil dikumpulkan Fitriani dengan bermain tenang hingga akhirnya mampu menyamakan kedudukan menjadi 20-20. Kepercayaan diri Fitriani pun lantas terpacu usai mendapatkan tujuh poin berturut-turut.

“Waktu ketinggalan memang sempat berpikir nggak mungkin menyusul, karena lawan tinggal butuh satu angka lagi. Kalau saya satu kali lagi melakukan kesalahan, akan langsung game. Jadi saya berpikir untuk main safe saja dan mengembalikan bola, tidak buru-buru mematikan karena saya tahu kondisi lapangan lawan sedang tidak enak untuk atur tempo main,” jelas Fitriani.

Saat kondisi berbalik 22-21, Fitriani sukses memanfaatkan kesempatan lewat satu pengembalian tanggung dari Lee yang kemudian disambarnya sekaligus menutup duel panjang berdurasi 54 menit itu dan mengamankan tiket ke babak dua. “Saya memanfaatkan kondisi lawan yang sepertinya terkendala angin, sehingga pukulannya tidak pas,” sambungnya.

Di babak kedua Thailand Masters 2019 BWF World Tour Super 300, Fitriani akan ditantang unggulan pertama yang juga wakil tuan rumah, Nitchaon Jindapol. Fitriani tercatat belum pernah bertemu dengan Jindapol sebelumnya. “Yang penting fokus di lapangan, semoga besok bisa main maksimal dulu,” katanya.

Selain Fitriani, tunggal putri Indonesia lainnya, Ruselli Hartawan juga lolos ke babak kedua dengan mengalahkan wakil Taiwan, Chiang Ying Li, dengan skor 21-15, 22-24 dan 21-17. Sementara itu, dari sektor tunggal putra, Ihsan Maulana Mustofa dan Chico Aura Dwi Wardoyo tak dapat melewati babak pertama. Sedangkan Firman Abdul Kholik sukses melaju ke babak berikutnya usai mengalahkan tunggal putra Jepang, Yu Igarashi dengan skor 21-17, 17-21 dan 21-19.

Di nomor ganda putri, dua wakil Indonesia dihentikan wakil tuan rumah. Pasangan Rizki Amelia Pradipta/Ni Ketut Mahadewi Istarani takluk dari tangan Puttita Supajirakul/Sapsiree Taerattanachai dengan skor 13-21 dan 15-21. Sedangkan Agatha Imanuela/Siti Fadia Silva Ramadhanti harus mengakui keunggulan Jongkolphan Kititharakul/Rawinda Prajongjai, dengan skor 8-21 dan 9-21.

Sementara Febriana Dwipuji Kusuma/Ribka Sugiarto berhasil mengamankan tiket ke babak dua lewat kemenangan 21-12, 21-23 dan 21-18 atas pasangan Thailand/Indonesia, Kittipak Dubthuk/Rusydina Antardayu Riodingin. Pun demikian dengan Della Destiara Haris/Virni Putri dan Jauza Fadhila Sugiarto/Yulfira Barkah yang sama-sama menang dua game langsung atas wakil tuan rumah.