Thailand Open 2023 - Bagas/Fikri Jadi "Runner-up"

Muhammad Shohibul Fikri & Bagas Maulana (Humas PP PBSI)
Muhammad Shohibul Fikri & Bagas Maulana (Humas PP PBSI)
Internasional ‐ Created by EL

Jakarta | Skuad bulu tangkis Indonesia harus puas dengan membawa pulang satu titel runner-up dari 500 Thailand Open 2023 di Indoor Stadium Huamark, Bangkok, Minggu (4/6). Hasil tersebut diperoleh ganda putra Bagas Maulana/Muhammad Shohibul Fikri yang kalah dari pasangan China, Liang Wei Keng/Wang Chang lewat dua gim langsung 10-21, 15-21 dalam laga selama 27 menit.

Menurut laporan Antara, Bagas/Fikri berada dalam tekanan sejak gim pertama. Duet Indonesia itu hanya bisa bersaing hingga skor 3-5, karena setelahnya mereka tertinggal delapan poin beruntun.

Liang/Wang mengontrol permainan lewat servis yang mereka mainkan pada awal reli. Pasangan China itu memaksa Bagas/Fikri untuk bermain lob atau mengangkat kok.

Pengembalian tinggi dari Bagas/Fikri menjadi umpan mudah bagi Liang/Wang untuk menciptakan smes atau pukulan menyilang yang sulit untuk dihadang.

Tak hanya itu, akibat berada dalam tekanan, permainan Bagas/Fikri menjadi tidak nyaman sehingga mereka kesulitan mengontrol pukulan. Pengembalian mereka pun kerap keluar lapangan sehingga memberikan keuntungan bagi lawan.

Kesulitan kembali dialami pasangan peringkat ke-14 itu pada gim kedua. Pergantian posisi lapangan rupanya tak mempermudah langkah Bagas/Fikri untuk memperbaiki hasil dari gim pembuka.

Pada awal gim kedua, Liang/Wang mencoba bermain aman dan membangun pertahanan dari zona depan. Rupanya strategi tersebut tak diantisipasi oleh Bagas/Fikri yang tetap bermain ngotot dan berusaha menekan.

Namun, upaya Bagas/Fikri gagal membuahkan hasil dan membuat unggulan ketiga Liang/Wang bermain nyaman karena hanya memberikan pengembalian.

Selepas interval, serangan Bagas/Fikri justru mengendur yang kemudian terbaca oleh lawan. Liang/Wang pun kembali bermain agresif seperti gim pertama dan memaksa Bagas/Fikri untuk mengangkat pukulan atau lob. Dalam posisi tertekan, Bagas/Fikri menjadi bulan-bulanan pasangan peringkat keenam itu dan memperlebar selisih angka menjadi 10-17.

Serangan bertubi-tubi yang diterima Bagas/Fikri membuat mereka tak bisa berkutik hingga akhirnya harus menyerahkan gelar juara kepada Liang/Wang setelah berjuang selama 27 menit.