Thailand Open 2023 - Kondisi Fisik Jadi Perhatian Utama di Tengah Jadwal Padat

Apriyani Rahayu (Humas PP PBSI)
Apriyani Rahayu (Humas PP PBSI)
Internasional ‐ Created by EL

Bangkok | Tim bulu tangkis Indonesia melanjutkan perjuangan pada turnamen Thailand Open 2023. Turnamen dengan level BWF Super 500 ini berlangsung pada 30 Mei-4 Juni di Indoor Stadium Huamark, Bangkok. Stamina dan kondisi fisik menjadi perhatian utama jelang bergulirnya turnamen ini. Pelatih fisik Yansen Alpine membagi cara menjaga kebugaran Kevin Sanjaya Sukamujo dan kawan-kawan di tengah padatnya jadwal pertandingan.

"Memang saat pertandingan seperti ini yang bisa dilakukan hanya me-maintain kondisi atletnya saja," ungkap Yansen, melalui siaran pers Humas PP PBSI.

"Jadi tidak bisa ditingkatkan. Apalagi di tengah padatnya turnamen, yang saya fokuskan adalah bagaimana menjaga fisik dan stamina mereka supaya tidak terlalu turun," Yansen, menambahkan.

Salah satu caranya adalah dengan memberikan program latihan rutin sesuai dengan porsi masing-masing atlet. "Untuk atlet yang sudah kalah, besoknya saya berikan program latihan yang disesuaikan dengan kondisi. Latihannya bisa berupa latihan beban atau latihan cardio," jelasnya.

"Disesuaikan dalam arti volume latihannya diperkecil tapi dengan intensitas tinggi. Ini membantu menjaga kondisi tenaga dan staminanya. Selain itu, makan, vitamin dan istirahat juga harus bagus dan cukup," tambahnya.