Thomas Cup 2022 - Ganda Pelapis Harus Kuat Mental

Muhammad Shohibul Fikri & Bagas Maulana (Humas PP PBSI)
Muhammad Shohibul Fikri & Bagas Maulana (Humas PP PBSI)
Internasional ‐ Created by EL

Jakarta | Pelatih ganda putra pelatnas bulu tangkis Indonesia Herry Iman Pierngadi menyatakan, kekuatan mental harus dimiliki oleh skuad ganda putra "Merah Putih", khususnya pasangan pelapis, yang akan diturunkan di Piala Thomas 2022, 8-15 Mei, di Bangkok, Thailand. Mereka harus lebih tangguh dalam kejuaraan beregu putra tersebut, apalagi dengan status Indonesia selaku juara bertahan.

"Rasa percaya diri mereka harus kuat karena modal utama untuk bermain dalam ajang beregu adalah mental," ujar Herry kepada Kompas, Kamis (21/4).

Untuk mempertahankan gelar juara Piala Thomas, tim Indonesia diperkuat lima pemain tunggal dan tujuh ganda. Jumlah pemain ganda ganjil lantaran Marcus Fernaldi Gideon, pasangan Kevin Sanjaya Sukamuljo, masih menepi setelah menjalani operasi pergelangan kaki.

Juara All England 2022, Bagas Maulana/Muhammad Shohibul Fikri, menjadi debutan pemain ganda untuk mendampingi Kevin, Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan, dan Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto. Pada sektor tunggal, Anthony Sinisuka Ginting, Jonatan Christie, dan Shesar Hiren Rhustavito, didampingi Syabda Perkasa Belawa dan Tegar Sulistio.

Dalam laporan bertajuk "Bagas/Fikri Harus Kuat Mental" pada media harian tersebut juga disebutkan, rekan seangkatan Bagas/Fikri, Leo Rolly Carnando/Daniel Marthin, ditugaskan ke SEA Games 2021, di Hanoi, Vietnam, bareng dengan Pramudya Kusumawardana/Yeremia Erich Yoche Yacob Rambitan.

Bagas, pada acara "Penghargaan Atlet PB Djarum Juara Ganda Putra All England 2022" yang digelar secara daring, Rabu (20/4), menyambut gembira atas kepercayaan pelatih terhadap dirinya, untuk berlaga di Piala Thomas 2022. "Alhamdulillah, rasanya senang bisa bermain di tim Thomas. Semoga saya bisa mendapatkan ilmu dan permainan yang baik," tanggapnya.

Pemuda berusia 23 tahun ini pun menyatakan kesiapannya, jika dipadukan dengan Kevin. Bagas/Fikri pun sudah beberapa kali bertemu dengan Kevin/Marcus di gelanggang internasional. Keduanya kerap berlatih bersama di pelatnas Cipayung. "Kepengen juga (bermain) sama world number one," demikian Bagas.