Thomas Cup 2022 - Memori Juara Terulang di Bangkok

Anthony Sinisuka Ginting (Humas PP PBSI)
Anthony Sinisuka Ginting (Humas PP PBSI)
Internasional ‐ Created by EL

Bangkok | Hasil babak delapan besar Piala Thomas 2022 antara Indonesia dan China menjadi ulangan hasil final Piala Thomas 2020 di Aarhus, Denmark, setahun lalu. Regu putra "Merah Putih" kembali menang 3-0 atas China dalam laga yang berlangsung di Impact Arena, Bangkok, Thailand, Kamis (12/5) malam. Lolos dari hadangan regu putra "Negeri Tirai Bambu", Indonesia akan bertemu Jepang di babak empat besar, Jumat (13/5) malam.

Jonatan Christie, kembali menjadi penentu kemenangan Indonesia setelah mengalahkan atas lawan yang sama, Li Shi Feng. Tadi malam, atlet yang biasa disapa dengan panggilan Jojo itu memastikan tiket semifinal bagi Indonesia usai menang straight games 21-13, 21-18 atas Li.

Sebelumnya, Anthony Sinisuka Ginting sukses membawa Indonesia unggul 1-0 setelah mengalahkan Zhao Jun Peng 21-12, 25-27, 21-17. Ini sumbangan angka pertama Ginting setelah di laga-laga sebelumnya di penyisihan grup selalu kalah.

Dalam pemberitaan Kompas, Jumat (13/2), disebutkan bahwa salah satu kunci kemenangan Indonesia adalah kebangkitan Anthony. Pemain yang kehilangan kepercayaan diri dan permainan aslinya pada tiga laga penyisihan grup itu tiba-tiba berubah. "Dia kembali pada Anthony yang 'asli', yang tak tampak enam bulan terakhir," tulis media harian tersebut pada artikel dengan kepala berita "Mengulang Memori Juara".

Kemudian pada partai kedua, ganda racikan baru Kevin Sanjaya/Mohammad Ahsan juga sukses menyumbang angka. Mereka menggusur Liu Yu Chen/Ou Xuan Yi dengan skor  21-17,  21-16.

"Kita bersyukur Indonesia ke semifinal. Kita menang 3-0 atas China. Penampilan pemain luar biasa, bisa mengeluarkan seluruh kemampuan terbaik," kata manajer tim Hendro Santoso, melalui siaran pers Humas PP PBSI, Kamis (12/5).

Regu putra Jepang telah menanti, yang telah terlebih dulu meraih tiket semifinal dengan mengalahkan Taiwan. Kento Momota dan kawan-kawan harus menanti hingga partai terakhir antara Liao Jhuo-Fu dan Kenta Nishimoto, guna memastikan tiket empat besar. Jepang menang 3-2 atas Taiwan. "Lawan Jepang, kita akan jauh lebih siap lagi," tegas Hendro.

"Semoga, performa para pemain juga lebih meningkat," pungkasnya.

Piala Thomas Indonesia vs China (3-0)

  • Anthony Sinisuka Ginting vs. Zhao Jun Peng 21-12, 25-27, 21-17
  • Kevin Sanjaya/Mohammad Ahsan vs. Liu Yu Chen/Ou Xuan Yi, 21-17,  21-16.
  • Jonatan Christie vs. Li Shi Feng, 21-13, 21-18
  • Fajar Alfian/Moh. Rian Ardianto vs. Ren Xiang Yu/Tan Qiang (tidak dimainkan)
  • Shesar Hiren Rhustavito vs. Weng Hong Yang (tidak dimainkan)