Uber Cup 2022 - Sim Yujin Sang Penentu

Sim Yujin (Humas PP PBSI)
Sim Yujin (Humas PP PBSI)
Internasional ‐ Created by EL

Bangkok | Sim Yujin, pemain tunggal Korea Selatan yang dipercaya turun di partai kelima pada babak final Piala Uber 2022, menjadi penentu kemenangan timnya sekaligus mengakhiri penantian 12 tahun gelar juara kejuaraan beregu bergengsi ini. Pebulu tangkis berperingkat 46 dunia itu berhasil mengakhiri perlawanan wakil China, Wang Zhi Yi, melalui drama tiga gim 28-26, 18-21, 21-8 dalam tempo 88 menit.

"Perjuangan saya tadi terpengaruh oleh perjuangan An Seyoung di partai pertama, dia bermain sangat baik dan terus berjuang meski bersusah payah," kata Sim, sebagaimana dilaporkan Antara.

Durasi pertandingan ini menjadi yang paling lama kedua setelah laga antara An Seyoung dan Chen Yu Fei di partai pembuka.

Sim, yang kedua kalinya membela Korea Selatan di kejuaraan beregu ini, menceritakan, kini ia lebih percaya diri saat tampil sebagai penentu. Hal ini turut membantunya dalam mempertahankan bentuk permainan terbaiknya, saat menghadapi lawan yang alot. "Daripada sebelumnya (Uber 2021), kini saya sangat bangga bisa tampil di akhir dan menentukan nasib tim," ungkapnya.

"Kemenangan tadi bukan hanya untuk saya sendiri, tapi juga milik seluruh anggota tim," Sim, menjelaskan.

Gelar juara Piala Uber yang diraih Korea Selatan di Impact Arena, Bangkok, Thailand, Sabtu (14/5), tersebut, merupakan pengulangan dari laga serupa pada tahun 2010. Kala itu, pertemuan antara kedua negara terjadi di Putra Indoor Stadium, Kuala Lumpur, Malaysia. Korea Selatan keluar sebagai juara setelah menang 3-1 atas China.