Vietnam International Challenge 2023 - Jafar Sang Pemberi Kado Ulang Tahun

Jafar Hidayatullah/Aisyah Salsabila Putri Pranata rebut gelar juara ganda campuran Vietnam International Challenge 2023 (Humas PP PBSI)
Jafar Hidayatullah/Aisyah Salsabila Putri Pranata rebut gelar juara ganda campuran Vietnam International Challenge 2023 (Humas PP PBSI)
Internasional ‐ Created by EL

Jakarta | Satu gelar juara Vietnam International Challenge 2023 diboyong ke Tanah Air dari Vietnam oleh Jafar Hidayatullah/Aisyah Salsabila Putri Pranata. Mereka menjadi satu-satunya wakil Indonesia yang berdiri di podium teratas, setelah ganda putra Alfian Eko Prasetya/Ade Yusuf Santoso dan ganda putri Jesita Putri Miantoro/Febi Setianingrum gagal meraih kemenangan di partai puncak. Titel kampiun tersebut menjadi kado ulang tahun dari Jafar untuk ibundanya.

"Gelar ini saya persembahkan terutama buat pelatih yang sudah selalu berjuang untuk kami, buat PBSI dan buat orangtua yang sudah selalu support dan doain saya, terutama buat Mama saya yang hari ini sedang ulang tahun. Dan buat orang yg selalu dukung kami berdua," jelas Jafar, dalam keterangan pers Humas PP PBSI, Minggu (26/3) petang WIB.

Jafar/Aisyah, ganda campuran Indonesia berperingkat 52 dunia, merebut gelar juara Vietnam International Challenge 2023, berkat kemenangan tiga gim atas Tanupat Viriyangkura/Ornnicha Jongsathapornparn dari Thailand dengan skor 19-21, 21-14, 22-20, Minggu (26/3), di Tay Ho District Stadium, Hanoi, Vietnam.

Bagi Jafar, inilah gelar juara pertama yang diraihnya di kancah internasional. Sementara, Aisyah juga tak mampu menyembunyikan kegembiraannya setelah keluar sebagai juara. "Alhamdulillah, senang bisa juara di Vietnam," tanggap pebulu tangkis asal Klaten yang pada tahun ini menginjak usia 20 tahun.

"Terima kasih terutama buat pelatih yang selalu berjuang untuk kami dan doa orangtua yang selalu menyertai. Juga untuk PBSI," Aisyah, menambahkan.

Namun, keberhasilan Jafar/Aisyah tak diikuti dua rekan senegara mereka, Alfian/Ade dan Jesita/Febi. Kedua pasangan "Merah Putih" itu, masing-masing kalah dua gim dari lawan mereka asal Korea Selatan.

Berikut hasil pertandingan final Vietnam International Challenge 2023:

  • Jafar Hidayatullah/Aisyah Salsabila Putri Pranata (1) vs. Tanupat Viriyangkura/Ornnicha Jongsathapornparn (Thailand) 19-21, 21-14, 22-20
  • Lee Yu Lim/Shin Seung Chan (Korea Selatan/8) vs. Jesita Putri Miantoro/Febi Setianingrum 21-18, 21-10
  • Le Duc Phat (Vietnam) vs. Takuma Obayashi (Jepang/14) 14-21, 15-21
  • Alfian Eko Prasetya/Ade Yusuf Santoso vs. Jin Yong/Na Sung Seung (Korea Selatan/3) 8-21, 6-21
  • Asuka Takahashi (Jepang) vs. Thuy Linh Nguyen (Vietnam/2) 7-21, 21-15, 12-21